• September 28, 2023

Yuk Cari Tau Latihan yang Baik untuk Kesehatan Jantung!

Sahabat Sehat, tahukah kamu perubahan gaya hidup dan pola makan saat ini yang cenderung keaarah yang tidak baik banyak mengakibatkan berbagai macam penyakit. Nah, salah satunya penyakit jantung.

Saat ini banyak yang mengalami kematian mendadak karena serangan jantung. Sebelum terlambat, ayo lakukan berbagai pola hidup yang lebih sehat salah satunya dengan berolahraga. Berikut ini ulasannya!

kesehatan jantung
Foto: Freepik.com

Manfaat Olahraga bagi Jantung

Jika Sahabat Sehat jarang melakukan olahraga, tubuh akan mengalami penumpukan lemak terutama di bagian perut, lengan, dan paha. Bukan hanya itu, wajah juga terlihat lesu, serta sering ngantuk di pagi hari dan mudah merasa lelah atau sesak napas.

Tahukah kamu? Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur, terukur dan berkelanjutan dapat bermanfaat untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi daya tahan jantung, paru-paru, peredaran darah, otot serta sendi. Hal ini juga akan meningkatkan kebugaran jasmani tubuh.

Uji Latih Jantung

Sahabat Sehat, jika kamu masih ragu dengan pilihan olahraga yang tepat, kamu bisa melakukan uji latih jantung untuk mengetahui seberapa tahan jantungmu. Caranya dengan menggunakan treadmill atau ergometer yang dapat memberikan nilai reaksi tekanan darah dan perubahan aktivitas listrik jantung (EKG).

Selain itu tes ini jga dapat untuk melihat bagaimana kondisi fisik. Nah, dari hasil ini kamu bisa memilih bentuk latihan dan waktu yang tepat untuk kondisi tubuh. Terutama bagi pasien hipertensi dan kelaianan jantung.

kesehatan jantung
Foto: Feepik.com

Setelah mengetahui kondisi jantung, kamu bisa mencoba beberapa latihan fisik ini untuk menjaga kesehatan jantungmu.

Core Training dan Ketahanan Kardiorespiratori

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan otot core atau otot trunk. Latihan ini memicu meningkatkan kekuatan (strength), sehingga terjadi peningkatan kebutuhan oksigen secepat mungkin. Hal ini akan memicu respon dari sistem kardiovaskular dan pulmonari, sekaligus melatih paru-paru dan jantung untuk mencapai ketahanan yang baik.

Circuit Training

Merupakan latihan yang mampu meningkatkan tubuh seseorang secara umum. Juga dapat meningkatkan daya tahan kardiorespiratori, kekuatan, dan kelincahan yang dimiliki. Selain itu, circuit training dapat meningkatkan VO2Max dan pengenalan kondisi jantung seseorang. VO2Max sendiri merupakan tingkat maksimum oksigen yang bisa digunakan tubuh selama melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.

High-Intensity Interval Training (HIIT)

Latihan ini merupakan gabungan dari berbagai latihan anaerobik yang bersifat intens yang dibarengi dengan babak pemulihan secara singkat sehingga tubuh seseorang mengalami kelelahan yang maksimal. HIIT dapat bermanfaat untuk merangsang kinerja jantung.

Contoh latihan HIIT misalnya melakukan sprint dengan durasi 30 sampai 40 detik yang dijeda dengan melakukan jogging atau berjalan selama 15 sampai 20 detik. Latihan ini dilakukan hingga seseorang mengalami kelelahan secara total.

Sahabat Sehat, itulah berbagai macam manfaat melakukan latihan fisik untuk kesehatan jantung. Kamu juga memilih  bentuk latihan fisik dengan tepat sesuai minat dan kondisi tubuhmu. Ayo mulai hidup sehat sebelum terlambat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Tonny dkk. 2022. Gizi Olahraga Kesehatan Jantung dan Kebugaran. Pekalongan : Penerbit NEM. https://www.penerbitnem.com/2022/12/gizi-olahraga-kesehatan-jantung-dan.html

Ekawati Febriani . 2010. Upaya Mencegah Penyakit Jantung dengan Olahraga. Jurnal Universitas Sebelas Maret oai:generic.eprints.org:1958/core478. https://core.ac.uk/view/pdf/12346716.pdf.

Annisa dan Anjar. 2013. Hubungan Olahraga dengan Kejadian Penyakit Jantung Koroner di RSUD Dr. Moewardi.Jurnal Universitas Aisyiyah. https://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/gaster/article/view/47

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *