• February 21, 2024

Tips Agar Tidak Cepat Lelah Saat Berlari

Kamu gemar berlari? Atau mungkin kamu baru memutuskan untuk rutin berlari? Nah, agar kamu tidak cepat lelah saat berlari, baca artikel Bumame berikut ini, dijamin kamu semakin bersemangat untuk melakukan olahraga lari dengan rutin! 

Baca Juga: Tes Kesehatan Pelari dan Pesepeda untuk Optimalkan Gaya Hidup Sehat

Cara agar tidak cepat lelah saat berlari 

Berikut adalah 5 tips dan cara agar kamu tidak cepat lelah saat berlari: 

  1. Melakukan pemanasan

Banyak orang yang memutuskan berlari tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa pemanasan memiliki peranan sangat penting dalam melenturkan otot paha belakang sehingga dapat bekerja dengan lebih optimal. Kamu bisa melakukan beberapa gerakan pemanasan yang melibatkan otot paha belakang. 

  1. Mengatur strategi berlari 

Berlari juga membutuhkan strategi agar lebih bermanfaat dan optimal. Banyak orang yang berlari dengan kecepatan tinggi saat awal-awal, namun tidak lama setelah itu merasa lelah dan kecepatannya menurun, bahkan hingga berjalan kaki. Padahal, dengan kecepatan dan tempo yang stabil dari awal hingga akhir periode berlari, kamu akan mendapatkan manfaat yang lebih baik. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengatur langkah kaki saat berlari. Ambilah langkah yang lebih pendek saat berlari dengan kecepatan dan tempo yang stabil. Menurut penelitian yang dilakukan, langkah pendek saat berlari membuat lari kamu menjadi lebih cepat dan mengurangi rasa kelelahan yang berlebih. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Olahraga Lari Pagi untuk Kesehatan?

  1. Mengatur pernapasan 

Selain mengatur strategi berlari, cara lain agar tidak cepat lelah saat berlari adalah dengan cara mengatur pernapasan. Teknik pernapasan yang dianjurkan saat berlari adalah dengan mengambil dan mengeluarkan napas dari mulut. Dengan mengombinasikan strategi berlari serta teknik pernapasan dengan stabil, paru-paru kamu jadi lebih optimal dalam bekerja. 

  1. Mengatur konsumsi air putih 

Mengonsumsi air putih yang terlalu banyak sebelum berlari dapat membuat sistem pencernaan kamu terasa tidak nyaman saat berlari. Di sisi lain, kamu pun tidak boleh kekurangan air putih karena dapat menyebabkan dehidrasi. Minumlah 2-4 gelas air putih sebelum berlari untuk menjaga tubuhmu tetap terasa nyaman dan tidak mengalami dehidrasi. 

Baca Juga: Suntik Vitamin vs Minum Vitamin, Mana Lebih Efektif?

  1. Mengonsumsi vitamin 

Cara terakhir adalah kamu dapat mengonsumsi vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan sehingga tubuh kamu memiliki energi yang cukup dalam melakukan aktivitas berat. Kamu bisa rutin melakukan suntik atau injeksi Vitamin Booster di Bumame mulai dari harga 100 ribu saja. Tersedia 3 jenis injeksi, yaitu Strength Booster, Immune Booster, dan Energy Booster. 

Injeksi Vitamin Booster dapat dilakukan di rumah dengan layanan Home Care. Untuk informasi lebih lengkap terkait injeksi Vitamin Booster, kamu dapat menghubungi customer care Bumame di sini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *