• February 22, 2024

Terapi Earthing dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sahabat Sehat, pernahkah kamu mendengar atau bahkan sudah mengetahui istilah earthing? Earthing atau grounding ini merupakan segala aktivitas yang menghubungkan langsung tubuh dengan bumi secara fisik.

Earthing bisa dilakukan di dalam dan di luar ruangan, asalkan kamu bisa tetap bersentuhan langsung dengan bumi. Selain bermanfaat menyehatkan fisik, terapi earthing ini efektif mendukung kesehatan mental.

terapi earthing
Foot: Freepik.com

Manfaat Earthing untuk Kesehatan Mental

Konsep earthing sangat menarik untuk diterapkan. Kesehatan mental dapat terjaga dengan baik, sehingga mendukung kelancaran beraktivitas. Gangguan psikis tentunya dapat dicegah dengan terapi earthing ini. Penasaran seperti apa manfaatnya?

Memperbaiki Mood

Perubahan mood yang mudah terjadi ini seringkali mengganggu jalannya aktivitas. Dengan melakukan terapi earthing, kamu memperoleh energi baru yang positif dan mampu memperbaiki mood yang buruk. Terdapat peningkatan hormon bahagia dengan kegiatan earthing yang berpengaruh pada kebahagiaan.

Masih berkaitan dengan perubahan mood, terapi earthing selama 1 jam bisa memperbaiki mood dengan menurunkan perasaan cemas. Rasa cemas berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan karena melelahkan dan meningkatkan tekanan darah yang berisiko pada terjadinya gangguan kesehatan lainnya.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Jika kamu mempunyai masalah kesulitan tidur atau kerap terbangun di malam hari, maka bisa mencoba kegiatan earthing untuk memperbaiki kualitas tidur. Masalah kelelahan yang mengganggu aktivitas atau menyebabkan insomnia dapat diatasi dengan terapi tersebut. Terapi earthing akan membuat tubuh lebih relaks, sehingga kamu bisa beristirahat dengan nyaman.

terapi earthing
Foot: Freepik.com

Bagaimana Cara Melakukan Earthing?

Ada berbagai cara melakukan earthing atau grounding. Kamu dapat memilih sendiri aktivitas yang dilakukan agar sesuai kemampuan dan kenyamanan. Banyak hal bisa dilakukan, asalkan kembali menghubungkan seseorang dengan bumi.

Pertama, kamu bisa berjalan kaki tanpa alas kaki. Dengan rutin berjalan kaki tanpa alas, baik itu langsung menapak tanah, maupun bersentuhan dengan rumput, kamu semakin banyak memperoleh energi positif. Kedua, kamu bisa berbaring di lantai atau rerumputan. Kontak antara kulit dan bumi bisa lebih intens. Saat berada di taman atau pantai, jangan lupa untuk berbaring sejenak untuk relaksasi. Pastikan lingkungan sekitarnya aman. Jangan ada objek berbahaya yang menyebabkan cedera.

Beraktivitas di air juga termasuk aktivitas earthing. Caranya adalah dengan berendam di danau atau laut bebas. Lagi-lagi, pastikan lingkungan sekitar aman dan kamu sudah mampu berenang dengan baik. Jika situasi tidak memungkinkan untuk melakukan kontak langsung dengan bumi, kamu bisa menggunakan alat. Kamu dapat memilih tongkat metal yang ditempelkan ke tanah dan dihubungkan ke tubuh melalui seutas kawat. Selain itu, kamu bisa menggunakan kain, selimut, kaos kaki, hingga patch.

Terapi earthing tersebut merupakan sebuah solusi untuk mengatasi berbagai persoalan psikis. Melakukan kegiatan earthing secara rutin setidaknya selama 30 menit setiap harinya sangat dianjurkan. Sahabat Sehat siap mencobanya?

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *