• February 21, 2024

SPF pada Sunscreen, Apa Artinya?

Sahabat Sehat pasti sudah ngga asing lagi dengan sunscreen, produk yang digunakan untuk mencegah efek paparan sinar matahari ke kulit. Sudah tersedia banyak produk sunscreen dipasaran dengan nilai SPF yang berbeda-beda. Apa itu SPF? Lebih jelasnya, yuk simak artikel ini!

SPF pada sunscreen
Foto: Freepik.com

SPF (Sun Protection Factor)

SPF adalah ukuran yang mengacu pada seberapa besar perlindungan dan bukan ukuran berapa lama tahan terhadap paparan sinar UV. Sunscreen dengan nilai SPF 15 dapat memblokir sekitar 93% dari sinar UVB. SPF 30, dapat memblokir 97%, SPF 50 adalah yang dapat memblokir UVB yang hampir lengkap dengan 98% dan SPF 100 dapat memblokir 99%. Persentase ini menunjukkan bahwa tidak ada tabir surya yang memblokir semua UVB.

Tips menggunakan sunscreen

Banyaknya sunscreen yang digunakan kurang lebih 29 ml atau 29 gram untuk diaplikasikan pada satu tubuh. Jumlah yang dibutuhkan juga tergantung pada formulasinya, apakah berbentuk losion, krim, mousse, semprotan, atau gel.

Selain formulasi dari produk sunscreen itu sendiri, jenis kulit seseorang juga akan menentukan jumlah sunscreen yang perlu dipakai. Seseorang yang berkulit putih cenderung menyerap lebih banyak paparan sinar matahari dari pada seseorang yang berkulit gelap.

tips menggunakan sunscreen
Foto: Freepik.com

Supaya perlindungannya lebih maksimal, gunakan juga pakaian, kacamata hitam dan topi, untuk mengurangi paparan sinar UV pada kulit. Sebaiknya hindari keluar ruangan saat matahari terik, misalnya pada pukul 10.00 dan 16.00, di jam tersebut matahari sedang terik-teriknya. Menurut FDA, terpapar sinar matahari di jam 13.00 selama 15 menit akan sama dengan terpapar sinar matahari di pukul 9.00 selama 1 jam.

Seberapa sering harus gunakan sunscreen?

Sunscreen harus dipakai setidaknya 15 menit sebelum pergi keluar rumah. Hingga saat ini elum ada bukti yang kuat bahwa sunscreen dapat tahan sepanjang hari dan benar-benar tahan terhadap air. Oleh karena itu, pakai kembali setidaknya 2 jam sekali. Jika kamu akan berenang atau melakukan aktivitas dalam air, sunscreen dipakai setidaknya setiap 40 menit sekali atau lebih sering. Selain itu, kamu juga perlu lebih sering mengaplikasikan ulang sunscreen jika sedang melakukan aktivitas fisik lainnya yang bikin kamu berkeringat.

Sahabat Sehat nilai SPF pada sunscreen akan mempengaruhi seberapa besar paparan sinar UV yang akan minimalis masuk kedalam kulit. Semakin besar nilai SPF maka semakin bagus untuk mengurangi kerusakan pada kulit akibat sinar UV. Nah, supaya penggunaannya lebih efektif, kamu juga bisa menerapkan tips menggunakan sunscreen yang sudah disebutkan di atas, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *