• February 21, 2024

Seputar Buta Warna, Bisa Diidentifikasi Sejak Dini

Sahabat Sehat, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah buta warna. Apakah ada orang di sekitar kamu yang mengalaminya? Bagi kamu yang penasaran seperti apa sih buta warn itu, berikut adalah informasi seputar buta warna.

Definisi Buta Warna

Buta warna adalah kondisi ketika seseorang mengalami gangguan dalam membedakan atau melihat warna. Seseorang yang kesulitan untuk membedakan hanya beberapa warna disebut dengan buta warna parsial atau sebagian. Ada juga buta warna total, yakni ketika seseorang tidak bisa membedakan warna sama sekali.

buta warna
Foto: Unsplash.com

Apa Penyebab Buta Warna?

Mata memiliki sel saraf yang mengandung pigmen. Nah, sel saraf ini akan bereaksi saat ada cahaya dan warna. Kamu mungkin pernah mempelajari hal ini pada pelajaran biologi di SMP atau SMA. Masih ingat ngga?

Ketika sel saraf yang mengandung pigmen ini mengalami kerusakan atau ketidaknormalan, maka seseorang tidak dapat mengidentifikasi warna tertentu. Bahkan, bisa saja secara keseluruhan. Inilah yang menyebabkan terjadinya buta warna.

Pada umumnya buta warna ini disebabkan oleh kelainan gen yang diturunkan oleh orang tua. Namun ada beberapa faktor lainnya yakni cedera mata, terpapar zat kimia berbahaya, efek samping obat.

Jenis Buta Warna

Seperti yang sudah disinggung tadi, buta warna terbagi menjadi dua jenis, yakni buta warna parsial atau sebagian dan buta warna total. Buta warna parsial terbagi lagi nih, jadi empat jenis sebagai berikut.

ragam jenis buta warna
Foto: Unsplash.com

Deuteranopia

Kondisi buta warna yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk membedakan warna merah dan hijau. Seseorang akan melihat warna merah menjadi kuning kecoklatan dan warna hijau menjadi cream.

Protanopia

Individu dengan protanopia sering mengalami kesulitan dalam membedakan warna merah, oranye, kuning, dan hijau. Seseorang dengan kondisi ini juga kesulitan membedakan warna ungu dan biru

Protanomali

Selanjutnya ada protomali. Individu yang mengalami protanomali melihat warna oranye, kuning dan merah akan lebih gelap seperti hijau.

Deuteranomalia

Kondisi perubahan persepsi yang dialami pada seseorang dalam melihat warna hijau dan biru apabila pada tingkat kecerahan rendah. Misalkan melihat warna hijau dan kuning menjadi warna kemerahan dan biru menjadi ungu.

Sahabat Sehat itu tadi jenis dari buta warna parsial, lantas buta warna total itu seperti apa? Buta warna total adalah kondisi seseorang tidak bisa membedakan warna sama sekali, mereka melihat dunia dengan warna abu-abu atau istilahnya adalah monokromasi.

Kenali Buta Warna Sejak Dini

Sahabat Sehat bisa loh, mengidentifikasi buta warna sejak dini, salah satunya dengan melakukan tes buta warna yang dapat dicari di internet. Tes yang paling populer adalah tes Ishihara yang berupa gambar dengan titik-titik pola warna biasanya membentuk angka.

Lalu apakah buta warna bisa disembuhkan? Hingga saat ini, buta warna karena faktor genetik belum bisa disembuhkan karena penggantian sel kerucut pada retina yang bertanggung jawab dalam mendeteksi warna belum memungkinkan.

Gimana Sahabat Sehat? Sekarang kamu sudah lebih mengenal buta warna dan jenis-jenisnya, kan? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *