• November 29, 2023

Salmon Mentai Rice, Hidangan Kaya Protein untuk Berbuka

Sahabat Sehat, salmon mentai rice menjadi olahan ikan kekinian yang tengah banyak diminati. Menu ini tidak hanya popular di kalangan muda, tetapi menjadi favorit berbagai kalangan usia. Salmon mentai rice tinggi protein sangat cocok untuk menjadi menu buka puasa.

Menu Salmon Mentai Rice

Salmon mentai rice merupakan hidangan ala Jepang berupa nasi ber-topping irisan salmon yang diselimuti campuran mayonnaise dan telur ikan pilihan. Mentai adalah jenis saus yang dapat dengan mudah ditemui pada berbagai olahan Jepang yang juga dikenal dengan nama mentaiko mayo.

menikmati makanan Jepang
Foto: Freepik.com

Saus mentai dicirikan dengan kombinasi rasa creamy, mouthfeel, gurih, asam dan pedas. Di Jepang, saus mentai biasanya dibuat dari campuran mayonnaise dengan telur ikan kod atau pollock. Campuran lain dalam saus mentadi adalah telur ikan terbang, cabai, dan cuka beras.

Kandungan Gizi dan Konsumsi Harian

Dalam 1 porsi salmon mentai bowl terdapat 437 kalori (1828 kj), terbagi menjadi 48% lemak (20,7 g), 28% karbohidrat (27,4 g), dan 24% protein (23,7 g). Jika ditilik dari ingredien, salmon kaya akan asam lemak omega-3, potassium, vit. A dan vit.C, serta kolesterol. Mayonnaise Jepang hanya dibuat dari kuning telur, dimana mengandung 2protein, lemak, kolesterol, vit.A, D, B1, B5, B9 serta kalsium, zat besi, magnesium dan fosfor.

Kandungan salmon mentai sekitar 437 kalori dalam 1 porsi. Rekomendasi Kemenkes batas konsumsi harian 2.000-2.500 kal/hari. Dengan demikian konsumsi 1 porsi salmon mentai memenuhi 20-25% kalori harian. Jumlah ini cocok untuk sekali makan, tetapi perlu dikonsumsi secara moderat.

Manfaat Positif bagi Kesehatan

Asam lemak omega-3 berfungsi meredakan peradangan dalam tubuh, menjaga fungsi sel tubuh, dan menurunkan tekanan darah. Omega-3 juga baik untuk meningkatkan kinerja otak dan memori. Vitamin D baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Protein berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, menjaga massa otot tubuh dan sebagai sumber energi. Kuning telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan dan juga berkhasiat untuk mencegah penyakit mata.

olahan salmon
Foto: Pixabay.com

Homemade Salmon Mentai Rice

Salmon mentai rice terdiri dari tiga bagian utama, yakni nasi chirashi, topping ikan salmon, dan saus mentai. Campur nasi Jepang dengan cuka beras, gula, dashi powder, gula dan kecap asin. Topping dibuat dari salmon diolesi mentega, merica, dan garam yang dipanggang. Sedangkan, saus mentai dibuat dari campuran mayonnaise, cuka beras, cabai, saus sambal, telur ikan dan bawang putih.

Setelah semua bahan lengkap, tata nasi chirashi dalam loyang alumunium, tambahkan topping dan siramkan saus mentai di atasnya hingga merata. Panggang permukaan saus mentai dengan blow torch hingga warna kecokelatan. Taburkan bubuk nori atau parsley sebagai garnish.

Dikarenakan salmon mentai rice padat karbohidrat dari nasi dan protein, ada baiknya untuk didampingi dengan sayuran sebagai sumber serat. Dengan begitu, bisa menjadi menu yang sarat gizi dan cocok untuk berbuka.

Sahabat Sehat, bagaimana tertarik mencoba memasak sendiri salmon mentai rice untuk menu buka puasa?

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Anonim. 2020. Berapa kalori Salmon Mentai Rice?. Retrieved from https://www.donna.id/berapa-kalori-salmon-mentai-rice/.

Anonim. 2023. Salmon Mentai. Retrieved from https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/klean-bowl/salmon-mentai/1-porsi.

Bastomi, A. 2022. Kalori Mentai : Salmon, Sushi, Rice, Shirataki, Dll. Retrieved from https://enutrisi.com/kalori-mentai/.

Goentoro, P., L. 2021. Meski Tinggi Kolesterol, Kuning Telur Berikan 6 Manfaat Ini. Retrieved from https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kuning-telur/.

Nurmutia, E. 2020. Resep Salmon Mentai Rice Ala Chef Devina Hermawan, Yummy!. Retrieved from https://lifestyle.okezone.com/read/2020/08/06/298/2257837/resep-salmon-mentai-rice-ala-chef-devina-hermawan-yummy.

Susanto, C.P. 2020. Mengulik Berbagai Kandungan dari Salmon Mentai Shirataki. Retrieved from https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/kandungan-salmon-mentai-shirataki/.

About the Author

Setyaning Pawestri, S.Pi, M.Si

Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan, FATEPA, Universitas Mataram. Lulusan Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Gadjah Mada dan Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *