• February 21, 2024

Resah Akibat Mabuk Perjalanan? Simak Tips Berikut!

Sahabat Sehat, mabuk perjalanan bisa menjadi kondisi yang mengganggu keseruan dan kenyamanan saat bepergian, terutama saat menggunakan alat transportasi seperti mobil, kapal, atau pesawat. Bagi sebagian orang, gejala yang ditimbulkan seperti mual, pusing dan muntah dapat menjadi masalah serius saat dalam perjalanan. Oleh karena itu, mari kenali penyebab dan tips mengatasinya.

mabuk perjalanan
Foto: Freepik.com

Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan terjadi karena adanya konflik antara sinyal sensorik yang diterima oleh otak. Mabuk perjalanan terjadi ketika sinyal dari sistem ini tidak konsisten. Contohnya, ketika kamu berada di dalam mobil atau kapal, mata kamu mungkin melihat bahwa kamu sedang diam, tetapi labirin dalam telinga merasakan gerakan. Hal ini bisa membingungkan otak dan menyebabkan gejala seperti mual, pusing, dan muntah.

Selain konflik sensorik, beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi tingkat keparahan mabuk perjalanan meliputi faktor genetik, kelelahan, kecemasan, dan sensitivitas individual terhadap pergerakan. Beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan risiko mabuk seperti bermain handphone, membaca buku saat dalam perjalanan.

Tips Atasi Mabuk Perjalanan

perjalanan
Foto: Unsplash.com

Atur Posisi Duduk

Cobalah mengatur posisi duduk ternyaman. Hindari duduk menghadap belakang atau samping. Bagi banyak orang, duduk menghadap ke depan dengan pandangan lurus ke depan bisa membantu otak memahami gerakan dengan lebih baik dan mengurangi konflik sensorik. Jika Sahabat Sehat merasa mabuk perjalanan ketika duduk di belakang kendaraan, cobalah untuk duduk di depan atau di tengah, di mana pergerakan biasanya lebih sedikit terasa.

Hindari Makan Kekenyangan

Jangan pergi dengan perut kosong, tetapi hindari makan makanan berat sebelum perjalanan. Sebaiknya, pilih makanan ringan dan mudah dicerna sebelum perjalanan. Beberapa contoh makanan yang dapat kamu pertimbangkan misalnya roti gandum, biskuit, atau keripik kentang. Hindari makanan yang berlemak, pedas, atau berat karena dapat membuat kamu lebih mudah merasa mual.

Menghirup Aromaterapi

Aromaterapi atau penggunaan minyak aromatik dapat membantu mengurangi rasa mual dan tidak nyaman yang disebabkan oleh mabuk perjalanan pada beberapa orang. Beberapa minyak aromatik tertentu memiliki sifat yang dapat membantu meredakan gejala mabuk perjalanan, termasuk mual dan membuat tubuh lebih relaks.

Mengonsumsi Obat Mabuk Perjalanan

Jika cara di atas, masih belum mempan, cobalah untuk mengonsumsi obat mabuk perjalanan. Ada berbagai obat yang tersedia tanpa resep medis yang dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan.

Perlu diingat bahwa beberapa cara tersebut bisa saja memberikan efek yang berbeda bagi setiap individu. Cobalah beberapa tips ini dan lihat apa yang paling efektif untuk Sahabat Sehat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *