• November 28, 2023

Rambut Rontok Pada Pria, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Setelah mengetahui penyebab hingga tanda-tanda rambut rontok pada pria, cari tahu lebih lanjut cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dicoba. Biar tidak salah langkah, cek cara mengatasi rambut rontok pada pria yang tepat berikut ini:

Kelola Stres dengan Baik

Kelola stres dengan baik adalah salah satu cara yang dapat membantu mengatasi rambut rontok pada pria. Stres dapat mempengaruhi kesehatan rambut, termasuk menyebabkan rambut rontok. Untuk mengelola stres dengan baik, bisa mencoba teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau melakukan aktivitas yang disukai.

Terapi Laser

Terapi laser dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok pada pria. Terapi laser yang juga dikenal sebagai low-level laser therapy (LLLT) merupakan salah satu perawatan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Terapi ini bekerja dengan menggunakan sinar laser berenergi rendah untuk merangsang sirkulasi darah di kulit kepala dan memperbaiki kesehatan folikel rambut.

Adapun terapi laser sendiri dapat dilakukan di klinik atau salon kecantikan yang menyediakan layanan ini. Selama sesi terapi, sinar laser akan ditempatkan di kulit kepala, dan pasien akan merasakan sensasi hangat atau tidak ada sensasi sama sekali.

Selain itu, terapi laser biasanya membutuhkan beberapa sesi untuk memberikan hasil yang optimal. Meskipun terapi laser dapat membantu mengatasi rambut rontok pada pria, tetapi perlu diingat bahwa hasilnya dapat bervariasi untuk setiap orang. 

Konsumsi Makanan Bergizi

Lebih lanjut, untuk mengatasi rambut rontok pada pria, maka perlu mengkonsumsi makanan bergizi pula, terutama makanan yang dapat mendukung kesehatan rambut. Mulai sayuran hijau seperti bayam yang mengandung zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Kandungan tersebut penting untuk mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Selain itu, konsumsi makanan yang kaya protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Protein membantu memperkuat akar rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Jangan lupa makan buah-buahan, seperti jeruk, stroberi, dan kiwi dengan kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Nah, kolagen ini penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Tak kalah penting, konsumsi juga kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan kacang-kacangan lainnya yang mengandung vitamin E, selenium, dan seng. Beragam kandungan tersebut dapat membantu mengurangi kerontokan rambut.

Konsumsi juga ikan, seperti salmon, sarden, dan tuna. Ikan-ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Di samping itu, konsumsi juga biji-bijian, seperti biji bunga matahari, biji rami, dan biji labu. Pasalnya, biji-bijian tersebut mengandung zat besi, seng, dan vitamin E yang juga penting untuk kesehatan rambut.

Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Ada beberapa produk perawatan rambut yang dapat membantu mengatasi rambut rontok pada pria. Beberapa produk yang dapat dipertimbangkan, seperti Minoxidil. Minoxidil adalah obat yang dapat digunakan untuk mengurangi kerontokan rambut pada pria dan wanita. Obat ini biasanya digunakan saat rambut dalam keadaan basah.

Selain itu, pilihlah shampo yang dirancang khusus untuk mengatasi rambut rontok. Shampo ini biasanya mengandung bahan-bahan seperti biotin, keratin, atau zat yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin dan mineral penting untuk kesehatan rambut, seperti biotin, vitamin E, dan zat besi. Suplemen rambut tersebut dapat membantu mengatasi rambut rontok.

Supaya rambut makin terawat gunakan minyak rambut. Beberapa minyak rambut, seperti minyak kemiri atau minyak kelapa, dapat membantu menjaga kelembapan dan kesehatan rambut. Oleskan minyak rambut secara merata ke kulit kepala dan rambut, biarkan selama beberapa waktu, lalu bilas dengan air bersih.

Hindari Penggunaan Alat Pemanas

Penggunaan alat pemanas seperti catokan, hair dryer, atau alat styling lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan meningkatkan risiko rambut rontok. Panas yang dihasilkan oleh alat pemanas dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan rentan terhadap kerontokan.

Selain itu, penggunaan alat pemanas secara berlebihan juga dapat merusak folikel rambut dan mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Jika ingin mengatasi rambut rontok, sebaiknya hindari atau kurangi penggunaan alat pemanas tersebut.

Alternatifnya, biarkan rambut kering secara alami setelah keramas dan hindari penggunaan suhu panas yang tinggi saat menggunakan hair dryer. Selain itu, perhatikan juga penggunaan produk perawatan rambut yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras.

Jika memang perlu menggunakan alat pemanas, pastikan untuk menggunakan pelindung panas seperti semprotan pelindung panas sebelumnya. Ini dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan panas yang berlebihan.

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Bagi pria yang punya rambut panjang, jangan mengikat rambut terlalu kencang. Pasalnya, mengikat rambut terlalu kencang, dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan meningkatkan risiko rambut rontok. Hal ini karena kebiasaan tersebut dapat menarik rambut dari akarnya dan menyebabkan kerusakan pada folikel rambut. Hindari juga penggunaan aksesori rambut yang dapat menarik rambut dengan keras, seperti jepit atau karet rambut yang terlalu ketat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *