• November 30, 2023

Post Lunch Slump, Kelelahan Berlebih Pasca Makan Siang

Sahabat Sehat, bagi para pekerja kantoran dengan jam kerja 9-5 atau 8-4, post lunch adalah momok yang harus dihindari. Hal ini dikarenakan setelah makan siang terjadi kecenderungan, seseorang untuk mengantuk padahal pekerjaan masih menumpuk.

Mengenal Post Lunch Slump

Somnolen pasca-prandial atau kondisi mengantuk setelah makan. Post lunch slump adalah somnolen pasca-prandial yang terjadi setelah jam makan siang hingga waktu 3 sore. Kondisi ini ditunjukkan seseorang yang mengalami penurunan produktivitas setelah makan siang. Gejala yang paling umum berupa merasa lelah atau lesu, mengalami kelemahan otot, sering menguap, menjadi mudah tersinggung atau merasa sedih, dan mengalami sakit kepala atau sakit perut.

makan siang
FotoL Pexels.com

Alasan Ilmiah di Balik Post Lunch Slump

Respon tubuh terhadap perubahan kimia selama proses pencernaan menyebabkan kantuk. Saat Anda mengonsumsi makanan, pankreas mengeluarkan insulin untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Akibatnya, semakin banyak makanan dikonsumsi, semakin banyak insulin yang diproduksi dalam tubuh, yang mengakibatkan lonjakan kadar gula darah. Dengan peningkatan insulin, tubuh menghasilkan kadar serotonin dan melatonin di otak, menyebabkan seseorang untuk merasa ngantuk.

Selain ini, sensitivitas terhadap makanan bisa juga menyebabkan post lunch slump. Kelelahan setelah makan siang mungkin disebabkan oleh sensitivitas makanan dikarenakan sistem metabolisme tidak mendukung untuk memetabolisme makanan secara sempurna. Ini bisa berupa produksi enzim pencernaan yang buruk, produksi enzim detoksifikasi hati yang buruk, produksi asam lambung yang buruk, atau respons imunitas.

Cara Menghindari Post Lunch Slump

Post lunch slump sangat mengganggu dan mengjengkelkan bagi banyak orang. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir post lunch slump :

Post Lunch Slump
Foto: Freepik.com

Konsumsi makanan yang seimbang

Makanan seimbang dapat menjadi salah satu kunci menghindari post lunch slump. Dikarenakan makanan seimbang mengaktifkan metabolisme, mengatur kadar gula darah, mencegah penambahan berat badan, dan meningkatkan fokus.

Hindari Gula Olahan

Gula olahan berefek negatif bagi tubuh. Gaya hidup sedentary dan kurang gerak ditambah konsumsi kopi, teh dan minuman bergula dengan kalori tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Ganti minuman bergula dengan minuman herbal.

Jalan Setelah Makan Siang

Cobalah menerapkan gaya hidup kantor yang lebih aktif dengan jalan kecil setelah makan siang. Menurut pakar kesehatan dan ahli gizi, pekerja kantoran sebaiknya berjalan cepat selama 15 menit.

Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan, serta konsentrasi. Namun, pastikan bahwa konsumsinya moderat.

Sahabat Sehat, apa kamu juga pernah mengalami post lunch slump? Jika iya, cara di atas bisa dicoba untuk meminimalisir efeknya. Semoga bisa lebih semangat dan produktif.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Setyaning Pawestri, S.Pi, M.Si

Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan, FATEPA, Universitas Mataram. Lulusan Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Gadjah Mada dan Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *