• February 22, 2024

Pilihan Warna Sprei untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Sahabat Sehat, tahukah kamu bahwa warna sprei bisa mempengaruhi kualitas tidur. Hal ini dikarenakan warna bisa mempengaruhi mood seseorang. Warna apa saja yang bisa membuat kamu lebih pulas di malam hari?

Hubungan Warna, Emosi dan Tidur

Psikolog telah meneliti efek warna pada keadaan emosional orang, dan telah menemukan bahwa energi dan suasana hati dipengaruhi oleh warna. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suasana hati yang buruk dapat berdampak negatif pada kualitas tidur. Demikian pula, perasaan tegang atau fokus sebelum tidur dapat mempersulit orang untuk tertidur.

seprei kuliatas tidur
Foto: Pexels.com

Anak-anak sangat rentan terhadap warna, selain itu orang dengan kondisi insomnia juga harus berhati-hati dalam mendekorasi warna kamar dan barang di kamar tidur. Oleh karena itu, pemilihan warna kamar dan sprei yang tepat direkomendasikan sebagai cara untuk meningkatkan rileks.

Warna Sprei yang Menenangkan

Meskipun lingkungan tidur terbaik adalah gelap, beberapa warna membantu meningkatkan ketenangan dan rasa nyaman. Contohnya seperti warna merah yang cenderung mengganggu tidur karena nuansa ini memicu sensasi bahaya, gembira, dan gairah di otak. Sebaliknya warna kalem dan dingin menjadi pilihan yang lebih tepat untuk rileks.

Sprei Biru

Biru telah dikaitkan dengan ketenangan dan kenyamanan. Warna ini mampi mengurangi ketegangan otot dan denyut nadi, menenangkan pikiran, dan menormalkan pernapasan. Shade biru pucat diyakini memunculkan perasaan tenang dan nyaman. Shade biru gelap memberikan kesan kuat, tetapi tetap membangkitkan rasa percaya dan relaksasi.

Sprei Hijau

Hijau adalah warna yang menenangkan dan meberi kenyamanan karena erat dengan warna alam, sehingga mengalihkan perhatian dari kecemasan. Hijau sage melambangkan alam dan sering dikaitkan dengan kedamaian dan ketenangan menjadikannya warna yang bagus untuk kamar tidur.

Sprei Lavender

Sprei lavender adalah salah satu warna terbaik untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Namun, penggunaan lavender cukup tricky. Lavender seringkali dibingungkan dengan ungu yang memiliki efek yang berlawanan.

Sprei Abu-Abu

Berlawanan dengan warna putih yang justru membuat sulit tidur, abu-abu meningkatkan kualitas tidur. Meski seringkali warna ini terkesan sebagai warna yang membosankan dan tidak menarik.

Namun, untuk memberikan efek rileks, Sahabat Sehat perlu berhati-hati saat memilihwarna ini. Warna abu-abu cenderung gelap, khususnya, kemungkinan besar akan mendatangkan perasaan kelabu dan mellow. Namun, warna abu-abu dengan shade terang menghadirkan kesan tidak agresif dan tenang.\

seprei pink
Foto: Pixabay.com

Sprei Merah Muda

Merah muda mungkin jarang dijadikan sebagai warna pilihan untuk sprei, tetapi warna merah muda yang lembut dapat membantu menurunkan tekanan darah. Merah mudah juga meningkatkan kedamaian dan kegembiraan.

Sahabat Sehat, lima warna di atas dianggap paling baik dalam menghadirkan warna nyaman dan tenang. Dekorasi kamar dan sprei dengan warna tersebut disarankan untuk meningkatkan kualitas tidur. Nah, manakah warna sprei kamu?

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Setyaning Pawestri, S.Pi, M.Si

Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan, FATEPA, Universitas Mataram. Lulusan Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Gadjah Mada dan Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *