• September 28, 2023

Peran penting Glutamat Glutamin bagi tubuh, jadi pendukung sistem kekebalan

Glutamat dan Glutamin ibarat saudara kembar, keduanya  merupakan asam amino non esensial yang berlimpah pada tubuh manusia, artinya setiap saat dapat diubah menjadi asam amino lain yang diperlukan tubuh. Pada kondisi sel tubuh sehat, glutamat lebih disukai tubuh. 

Sebaliknya ketika sel sedang mengalami stres atau cedera ataupun terserang penyakit, Glutamin akan diperlukan lebih banyak, terutama untuk menjaga keutuhan mukosa usus.

Tidak hanya itu saja, Glutamin ini juga berperan sebagai aktivator sistem kekebalan pada saluran cerna. Ia bisa membantu mencegah racun-racun tubuh menyebar dan memperkuat sistem kekebalan agar siap menghadapi infeksi. 

Glutamat dan Glutamin alami juga ditemukan di air susu ibu (ASI), loh. Ia sangat membantu sistem imun tubuh bayi yang masih belum kuat seperti orang dewasa. Usus bayi memegang peran penting dalam sistem pencernaan dimana enzim dan GUT pada sistem imunitas usus. Sebab itu kebutuhan Glutamat dan Glutamin tinggi pada awal-awal kehidupan 1000 hari.  

Alhasil, mitos bahwa MSG yang berperan sebagai sumber Glutamat tidak aman untuk dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak terbukti tidak benar. Glutamat alami atau dipasok dari makanan, tubuh tidak dapat membedakannya dan langsung digunakan sebagai zat pembangun dan meregenerasi sel yang aus. Nah, seiring bertambahnya usia sistem imun pasti akan mengalami penurunan fungsi.

Penuaan sistem kekebalan tubuh berdampak pada penurunan produksi jumlah sel imun. Hal ini membuat para lanjut usia juga cenderung lebih rentan terserang penyakit. Dalam menghadapi penuaan, penerapan gaya hidup sehat mampu mempertahankan sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Pedoman Gizi Seimbang (PGS) sudah mengatur pola makan dan kegiatan fisik untuk membuat manusia Indonesia yang berkualitas. Salah satu bahan makanan yang direkomendasikan adalah ikan laut. Kandungan gizinya beragam dan juga lengkap. Ikan laut kaya akan protein, peptida khusus dan asam amino Glutamat.

Selain itu ikan laut juga sangat kaya akan Omega 3, antioksidan seperti karotenoid, vitamin larut lemak seperti vitamin A , D dan E ,mineral Kalsium, Posfor, Magnesium, Yodium, Seng dan Selenium yang berperan dalam metabolisme tubuh khususnya sistem kekebalan tubuh. 

Kaldu dan pekatan ikan yang diperkaya Glutamat (MSG) dapat disiapkan sebagai sumber Glutamat dan Glutamin yang diperlukan tubuh. Penasaran apa saja peran Glutamat dan Glutamin dalam menjaga kekebalan tubuh? Berikut yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *