• February 28, 2024

Penyebab Pinggang Belakang Sakit yang Mengganggu

Sakit pinggang belakang bisa jadi disebabkan karena kebiasaan burukmu sehari-hari, seperti:

1. Salah Posisi Tidur

Posisi tidur yang kurang tepat seringkali menjadi pemicu munculnya masalah pada bagian pinggang. Tanpa disadari, situasi ini bisa terjadi dan berkembang menjadi masalah serius. Sebelum kondisinya memburuk, disarankan untuk memilih posisi tidur yang nyaman, seperti berbaring telentang dengan punggung lurus di atas kasur. Menempatkan bantal tipis di bawah kepala dan lutut dapat membantu mengurangi tekanan pada leher dan punggung bawah. Alternatifnya, jika kesulitan berbaring telentang, tidur telungkup dengan bantal tipis di bawah pinggul dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang.

2. Kasur Terlalu Keras

Tidak hanya posisi tidur, pemilihan kasur yang terlalu keras juga dapat memicu sakit pinggang. Oleh karena itu, penting untuk memilih kasur yang tepat dan nyaman guna mencegah masalah pada pinggang belakang.

3. Salah Bantal

Penggunaan bantal yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyebab sakit pinggang belakang. Bantal yang mendukung kurva tulang belakang hingga leher disarankan. Jika bantal yang digunakan kurang nyaman, sebaiknya diganti dengan bahan seperti viskoelastik atau bantal isi ulang air.

4. Kegemukan

Faktor internal seperti kegemukan juga dapat menjadi penyebab sakit pinggang belakang. Kelebihan berat badan memberikan tekanan ekstra pada tubuh, memicu munculnya sakit pinggang.

5. Otot Tegang

Gerakan tubuh yang tidak biasa dapat menyebabkan ketegangan otot dan ligamen, yang pada tingkat yang parah dapat menyebabkan sakit pinggang belakang. Beberapa kondisi seperti posisi duduk atau berdiri yang kurang tepat, kurangnya pemanasan sebelum olahraga, dan posisi yang salah saat mengangkat benda berat dapat menjadi pemicu. Oleh karena itu, menjaga postur tubuh yang baik dan menghindari posisi membungkuk yang berlebihan saat mengangkat beban dapat membantu mencegah sakit pinggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *