• February 21, 2024

Penyebab Perut Kram Bagian Bawah yang Tak Nyaman dan Mengganggu

1. Hindari mengonsumsi makanan padat

Rasa nyeri di perut terkadang akan menurunkan nafsu makan seseorang. Jika terlalu dipaksakan maka akan menyebabkan rasa mual dan ingin muntah. Berikan jeda selama beberapa jam untuk menunggu rasa nyeri tersebut berkurang sedikit demi sedikit. 

2. Hindari minum susu

Walaupun susu menyehatkan, namun terkadang rasanya bisa membuat sebagian orang merasa mual. Terlebih lagi jika sedang merasakan nyeri perut. 

3. Kompres hangat

Mengompres area yang sakit adalah salah satu metode yang cukup efektif untuk mengurangi rasa nyeri di perut. Gunakan botol minum yang telah diisi dengan air hangat atau hot pack, letakkan pada bagian perut yang terasa nyeri. Cara ini bisa membantu mengendurkan otot sekaligus mengurangi rasa sakit.

4. Istirahat

Cobalah untuk beristirahat dan mengatur pola pernapasan secara perlahan. Tenangkan pikiran dan tubuh agar mengurangi kekencangan otot yang mungkin menyebabkan kram. Dengan cara ini juga bisa untuk meredakan kepanikan. 

5. Pijat perlahan

Selagi istirahat sesekali bisa didampingi dengan pijatan dengan gerakan yang lembut. Pijat perut dalam arah jarum jam. Cara ini mampu untuk mengurangi ketegangan otot dan merangsang sirkulasi aliran darah di area yang terasa nyeri.

Jika kram perut yang kamu alami tak segera membaik atau justru semakin parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya, Sahabat Fimela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *