• February 22, 2024

Penyebab Kurang Darah Pada Ibu Hamil yang Wajib Diwaspadai

1. Kekurangan zat besi

Selama kehamilan, tubuh membutuhkan zat besi dua kali lipat lebih banyak. Zat besi merupakan komponen penting dalam pembentukan hemoglobin, yang merupakan bagian dari sel darah merah. 

Kebutuhan zat besi meningkat karena selama kehamilan volume darah yang diperlukan meningkat 30 hingga 50 persen. Hal ini terjadi karena tubuh membutuhkan lebih banyak darah sehingga dapat membawa oksigen, bukan cuma untuk ibu, tapi juga untuk calon bayi.

 

2. Kurangnya asupan folat atau asam folat

Kurang darah atau anemia pada ibu hamil juga bisa terjadi karena kurangnya asupan folat. Folat bersama dengan nutrisi lainnya seperti vitamin B12 dan vitamin C berperan dalam proses pembentukan sel darah merah baru dan sehat. Karena selama kehamilan darah merah yang dibutuhkan tubuh lebih dari biasanya, maka asupan folat atau asam folat juga harus lebih banyak. 

Jika tidak, maka bisa menimbulkan terjadinya anemia. Tak cuma anemia, kurangnya folat dapat menyebabkan cacat lahir (Spina Bifida) pada bayi dan rendahnya berat bayi saat lahir. Itu sebabnya, bagi wanita yang berencana untuk hamil, sudah dianjurkan untuk memperbanyak asupan folat atau asam folat, seperti yang terkandung dalam sayuran hijau atau mengkonsumsi suplemen asam folat.

3. Kekurangan vitamin B12

Penyebab ibu hamil kurang darah atau anemia yang selanjutnya adalah kurangnya asupan vitamin B12. Sama seperti folat, vitamin B12 di dalam tubuh diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Karena itu, kekurangan vitamin B12 saat hamil bisa berakibat terjadinya anemia. Selain itu, bayi dapat lahir cacat dan lahir sebelum waktunya (prematur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *