• February 22, 2024

Penyebab Haid Tidak Lancar Setelah Melahirkan yang Perlu Diwaspadai

Setelah melahirkan, banyak ibu mengalami haid tidak teratur atau bahkan tidak haid selama beberapa bulan atau bahkan tahun. Fenomena ini disebut sebagai amenore postpartum, dan bisa menjadi hal yang lumrah. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan ibu tidak haid setelah melahirkan termasuk proses menyusui, perubahan hormonal, dan stres fisik atau emosional.

Proses menyusui dapat menjadi penyebab utama dari tidak haid setelah melahirkan. ASI diproduksi ketika hormon prolaktin meningkat, yang juga dapat menekan produksi hormon-hormon ovarium yang terlibat dalam siklus menstruasi. Dalam beberapa kasus, ibu yang menyusui secara eksklusif bisa mengalami amenore postpartum selama beberapa bulan karena produksi ASI yang banyak.

Selain itu, perubahan hormonal setelah melahirkan juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Sistem hormonal tubuh ibu mengalami penyesuaian setelah kehamilan, dan bisa membutuhkan waktu untuk kembali normal. Proses ini dapat memengaruhi produksi hormon-hormon yang diperlukan untuk menstruasi, sehingga menyebabkan tidak haid setelah melahirkan.

Stres fisik dan emosional juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Proses melahirkan sendiri dapat menjadi stres fisik yang besar bagi tubuh ibu, sementara tanggung jawab merawat bayi baru lahir juga bisa menimbulkan stres emosional. Kedua jenis stres ini dapat mempengaruhi produksi hormon dan mekanisme tubuh yang terlibat dalam siklus menstruasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *