• February 22, 2024

Penyebab Gatal di Kaki yang Mengganggu dan Cara Mengatasinya

Dermatitis

Dermatitis, peradangan kulit dengan ruam kemerahan bersisik dan rasa gatal, dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk neurodermatitis, eksim dishidrosis, dan dermatitis seboroik. Meskipun penyebab dermatitis belum sepenuhnya diketahui, faktor seperti sistem imun yang sensitif, mutasi genetik, dan riwayat penyakit keturunan dapat meningkatkan risiko.

Kaki Atlet

Kaki atlet, atau tinea pedis, disebabkan oleh infeksi jamur dan menyebabkan gatal di area tersebut. Pertumbuhan jamur pada kulit kaki, terutama di kondisi lembab, seperti penggunaan sepatu tertutup rapat atau mandi di tempat umum tanpa alas kaki, dapat menyebabkan gejala seperti kemerahan, bersisik, peradangan, dan pembentukan lepuh.

Gangguan Hati

Gatal pada telapak kaki dapat disebabkan oleh gangguan hati, seperti kolestasis. Kolestasis terjadi ketika aliran empedu terhambat, menyebabkan penumpukan zat-zat berbahaya dalam darah yang merangsang reaksi gatal pada kulit. Gangguan hati lainnya, seperti hepatitis atau sirosis, juga dapat menyebabkan gejala gatal pada kaki atau bagian tubuh lainnya.

Neuropati Perifer

Neuropati perifer, gangguan pada sistem saraf perifer, dapat menyebabkan sensasi gatal pada kaki. Meskipun rasa gatal bukan gejala umum neuropati perifer, kondisi ini dapat menunjukkan berbagai gejala lain seperti sensasi terbakar, mati rasa, kesemutan, nyeri, dan kelemahan pada kaki dan tangan, tergantung pada jenis dan penyebab neuropati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *