• February 21, 2024

Penyebab Bintik Putih yang Tiba-tiba Muncul di Bibir Serta Cara Mengatasinya

Sariawan merupakan infeksi jamur yang ditandai dengan timbulnya bintik lesi putih pada bibir, mulut, gusi, atau amandel. Umumnya, penyebab infeksi ini yaitu jamur Candida albicans. 

Secara alami, jamur tersebut ada di dalam mulut. Namun, jika jamur ini tumbuh terlalu banyak, terkadang bisa menimbulkan masalah. 

Selain munculnya bintik putih, sariawan juga dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, sensasi tak biasa di mulut, hingga sulit menelan atau makan.

Siapa pun bisa terkena sariawan, tetapi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih berisiko mengalaminya. Meski begitu, kamu dapat mengobatinya dengan obat antijamur.

2. Herpes simpleks

Herpes simpleks adalah infeksi virus yang dapat menyebabkan bibir dan sekitar mulut berbintik putih. Bintik tersebut dapat berkembang menjadi luka lepuh berisi cairan yang terasa nyeri dan gatal.

Kondisi ini sangatlah menular melalui kontak langsung dengan luka. Akan tetapi, herpes simpleks dapat hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu satu minggu. Kamu juga dapat menggunakan obat antivirus untuk membantu mengatasinya.

3. Milia

Milia merupakan bintik putih yang terbentuk ketika sel kulit mati terperangkap di kulit. Kondisi ini sering kali ditemukan pada bayi. Meski umumnya milia muncul di wajah, bintik kecil ini juga dapat muncul di bibir. 

Milia tidaklah berbahaya dan tidak menimbulkan rasa nyeri. Kondisi tersebut dapat menghilang dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua bulan.

4. Fordyce spot

Fordyce spot adalah kumpulan bintik putih kecil berukuran 1-2 milimeter yang terletak di dalam bibir. Awalnya, kamu akan mengalami bibir kering hingga muncul noda keputihan.

Kondisi ini terjadi akibat pembesaran kelenjar sebasea (kelenjar minyak) yang secara alami ada di bibir dan jaringan lembab lainnya, seperti pipi bagian dalam mulut. Kondisi ini tidaklah berbahaya dan biasanya hilang seiring waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *