• February 21, 2024

Penyebab Alzheimer Pada Usia Muda Serta Tanda-tandanya yang Harus Disadari

Penyebab terjadinya Alzheimer pada usia muda sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa ahli medis menduga kondisi ini disebabkan oleh penumpukan protein bernama amiloid di otak. Kondisi ini bisa memengaruhi cara berpikir dan kemudian mengarah menjadi Alzheimer.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya Alzheimer pada usia muda adalah:

1. Genetik

Orang yang mengalami Alzheimer di usia muda biasanya juga memiliki orang tua dengan Alzheimer. Hal ini karena mutasi genetik dari orangtua pengidap Alzheimer bisa diwariskan kepada keturunannya.

2. Down syndrome

Orang yang mengidap down syndrome (trisomi 21) juga berisiko mengalami Alzheimer pada usia muda. Hal ini berkaitan dengan gen pada kromosom 21 yang juga terlibat dalam produksi protein beta amiloid di otak.

3. Gangguan kognitif ringan

Gangguan kognitif ringan adalah penurunan dalam daya ingat dan kemampuan berpikir jika dibandingkan dengan kognitif orang sebayanya. Namun, gangguan ini tidak akan mengganggu fungsi seseorang dalam kehidupan sosial maupun pekerjaan.

Orang yang menderita gangguan kognitif ringan akan memiliki risiko tinggi untuk terkena Alzheimer yang berujung pada demensia.

4. Gaya hidup

Gaya hidup dan kondisi yang berisiko tinggi menyebabkan penyakit jantung, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol, terbukti menyebabkan seseorang berisiko lebih tinggi untuk terkena Alzheimer. Oleh karena itu, mengganti gaya hidup, misalnya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga rutin, juga dapat menurunkan risiko terjadinya Alzheimer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *