• February 22, 2024

Pentingnya Jaga Kesehatan Usus dan Tips Merawatnya

Halo Sahabat Sehat! Kesehatan usus mungkin bukan topik yang sering dibahas dalam percakapan sehari-hari, tetapi ternyata memegang peran vital dalam kesejahteraan tubuh manusia. Usus ngga hanya berfungsi sebagai alat pencernaan, tetapi juga sebagai pusat kontrol bagi sistem imun dan produksi beberapa hormon penting. Lantas, aspek apa saja yang menjadi dasar pentingnya menjaga kesehatan usus.

kesehatan pencernaan
Foto: Freepik.com

Mikrobioma usus

Salah satu aspek yang paling menarik dari kesehatan usus adalah mikrobioma, yaitu komunitas bakteri dan mikroorganisme lain yang hidup di usus. Kamu mempunyai triliunan bakteri baik dalam usus yang membantu proses pencernaan makanan, memproduksi vitamin tertentu, dan melindungi kita dari bakteri jahat. Keseimbangan mikrobioma usus yang sehat berkaitan dengan risiko yang lebih rendah terhadap beberapa penyakit kronis seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Sistem imunitas tubuh

Sebanyak 70% sel imun tubuh berada di sekitar usus. Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan usus yang buruk dapat mempengaruhi respons imun tubuh. Jika dinding usus mengalami kerusakan (misalnya, karena diet yang buruk atau stres), bakteri dan zat lain bisa bocor ke dalam aliran darah, maka berisiko menyebabkan peradangan dan berbagai masalah kesehatan.

Cara merawat kesehatan usus

Usus dapat dijaga melalui beberapa cara, yakni dengan mengonsumsi makanan berserat, seeprti serat larut dan ngga larut yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Bahan tersebut membantu makanan bergerak melalui sistem pencernaan dan dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik.

kesehatan pencernaan
Foto: Freepik.com

Selain itu, mengonsumsi kamu juga bisa mengonsumsi probiotik atau bakteri hidup yang bisa memberikan manfaat kesehatan saat dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Probiotik ini bisa ditemukan dalam makanan seperti yoghurt dan kimchi.

Ternyata, kondumsi antibiotik bisa mengganggu keseimbangan mikrobioma usus. Oleh karena itu, hindari penggunaa antibiotik yang ngga perlu, ya! Supaya kesehatan usu tetap terjaga, sebaiknya kamu juga membatasi konsumsi makanan olahan, misalnya makanan tinggi gula, lemak trans, dan bahan kimia yang berpotensi merusak dinding usus.

Tanda kesehatan usus yang buruk

Beberapa tanda yang mungkin menunjukkan bahwa kesehatan usus kamu bekerja kurang optimal. Salah satu yang paling mudah dikenali yakni terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit, diare, kembung. Terganggunya kesehatan usus juga bisa ditandai dengan adanya infeksi berulang, kelelahan kronis, serta permasalahan kulit seperti eksim atau rosacea.

Sahabat Sehat, kesehatan usus adalah kunci kesejahteraan keseluruhan organ tubuh. Melalui konsumsi jenis makanan yang tepat dan menghindari zat kimia berbahaya, maka kamu juga mendukung keseimbangan mikrobioma usus dan mempromosikan kesehatan yang lebih baik di masa mendatang.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Gut microbiota and its implications in obesity and related metabolic disorders. 2018. Guo Y, et al. Current Diabetes Reviews.

Role of the gut microbiota in nutrition and health. 2018. Valdes AM, Walter J, Segal E, Spector TD. BMJ.

Kemenkes RI. 2019. Udara kotor dapat memengaruhi kesehatan usus kita. https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/udara-kotor-dapat-memengaruhi-kesehatan-usus-kita. Diakses 6 Agustus 2023

About the Author

apt. Oktaviany Irma Wiputri, M. Farm. Klin

Clinical Pharmacist, Health Writer, Educator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *