• February 21, 2024

Pare : Manfaat dan Risikonya bagi Kesehatan

Siapa nih, Sahabat Sehat yang suka makan pare? Gimana rasanya? Pahitnya bikin nagih atau justru malah bikin kapok? Pare biasanya bisa diolah menjadi siomay atau bisa juga ditumis. Seperti obat yang pahit, apakah pare juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan? Tentu! Banyak sekali manfaat yang didapat bila mengonsumsi pare. Apa sajakah manfaat tersebut?

manfaat pare
Foto: Pixabay.com

Bantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Pare kerap kali dikaitkan dengan manfaatnya yakni menurunkan gula darah. Di dalamnya terkandung magnesium yang bertanggung jawab untuk memaksimalkan kerja hormon insulin yang mengatur kadar gula darah. Penyakit diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kekurangan magnesium. Oleh karena itu, Sahabat Sehat dapat memilih pare sebagai makanan untuk membantu menurunkan gula darah.

Terdapat penelitian terhadap 40 orang penderita diabetes dengan mengonsumsi 2 gram pare setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, pare tidak dapat digunakan untuk mengatasi pre-diabetes atau diabetes.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Pare mengandung senyawa flavonoid seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Komponen lainnya dari pare juga dapat mencegah katarak dan glaukoma, yang merupakan akibat dari komplikasi diabetes. Berkat kandungan gizi tersebut, pare dapat meningkatkan fungsi penglihatan dan memperlambat degenerasi makula, terutama pada penderita rabun senja.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Pare memiliki kandungan vitamin K di dalamnya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Osteoporosis, mengonsumsi makanan bervitamin K dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Hal ini disebabkan karena vitamin K dalam pare dapat membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh. Vitamin K juga membantu pembentukan protein osteokalsin selama proses pengerasan tulang.

Nah itulah beragam manfaat dari mengonsumsi pare. Tapi, di samping itu apakah ada dampak buruk yang ditimbulkan dari mengonsumsinya?

Efek sampingnya

Sahabat Sehat meskipun pare memiliki manfaat yang beragam, dalam mengonsumsi pare perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti, ibu hamil disarankan untuk membatasi atau menghindari mengonsumsi pare karena senyawa pada pare dapat memicu kontraksi rahim yang meningkatkan risiko keguguran. Selain itu, konsumsi pare dalam jumlah yang banyak berisiko menyebabkan beberapa efek samping,  seperti sakit perut, diare dan muntah.

Supaya Sahabat Sehat bisa mendapat manfaat pare dan terhindar dari efek negatifnya, sebaiknya ngga dikonsumsi teralalu banyak. Apabila memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *