• November 28, 2023

OMRON Luncurkan Stroke Risk Calculator Bantu Perkirakan Penyakit Stroke

Stroke menjadi penyumbang kematian terbesar terutama di Benua Asia.

“Terlebih di Asia, dibandingkan dengan yang lain, ketika terkena stroke kualitas hidupnya akan menurun. Akibat dari struk sendiri akan berujung pada disabilitas hingga kematian. Disabilitas bisa terdiri dari sulit untuk melihat dari mata sebelah, kelumpuhan sebagian badan, hingga kesulitan untuk berjalan,” kata Prof.Dr.dr.Yuda Turana, Sp.S, Anggota Dewan Pembina Perhimpunan Hipertensi Indonesia. 

Data menunjukkan stroke yang terbukti berbahaya adalah silent stroke. Sesuai dengan namanya silent stroke menyerang tanpa menunjukkan gejala yang begitu jelas. Terlebih sangat berbahaya jika dalam kondisi tidur karena ketika di MRI dapat menunjuk berbagai penyumbatan. Definisi tidak ada gejala bukan berarti tidak memiliki gejala tetapi menyerang bagian yang silent atau tidak terlalu diperhatikan biasanya kesemutan sebelah badan yang mungkin secara umum dapat dikira karena salah tidur. Stroke ini juga sering terjadi pada malam hari yang di mana pada malam hari tekanan darah sedang meningkat, maka dari itu perlu rutin untuk mengukur tekanan darah terlebih jika memiliki kondisi serta riaway tambahan. 

“Perawatan medis yang cepat dapat meminimalkan kerusakan otak dan meningkatkan peluang pemulihan. Setidaknya sepuluh faktor risiko yang dapat diobati, seperti tekanandarah tinggi (hipertensi), detak jantung yang tidak teratur (fibrilasi atrium), merokok,diet, dan olahraga, dapat mencegah hingga 90% stroke. Namun yang tidak kalah pentingadalah pencegahan dengan memeriksa tekanan darah secara rutin di rumah,” tambahnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *