• February 21, 2024

Ngantuk Setelah Makan? Inilah Penyebabnya

Sahabat Sehat, makanan merupakan pondasi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagaimana tidak? Melewatkan sesi makan satu waktu aja, sudah pasti tubuh merasa sangat lemas tidak berenergi.

Tapi pernah kah kamu merasa, ketika sudah makan, malah jadi ngantuk banget? Bukannya menjadi sangat berenergi dan bersemangat, mata berasa sangat berat dan mood untuk produktif menurun karena rasa kantuk yang sulit dibendung.

Kira-kira apa sih faktor yang bikin ngantuk setelah makan? Apakah porsi yang banyak? Atau jenis makanannya? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

makan
Foto: Unsplash.com

Pola Tidur yang Tidak Baik

Seseorang yang kurang tidur, pada dasarnya sangat membutuhkan jam tidur tambahan. Dengan makan, membuatnya akan merasakan rasa ngantuk yang sangat berat. Karena dengan makan, perut menjadi kenyang dan tercipta kenyamanan. So, Sahabat Sehat jadi merasa ngantuk setelah perut terisi.

Porsi Terlalu Banyak

Ketika makan, tubuh akan mengeluarkan energi untuk mengolah makanan yang di dalam tubuh. Nah, kalau porsi yang dimakan banyak, organ pencernaan bisa bekerja extra buat memprosesnya. Saat tubuh mencerna makanan, aliran darah lebih banyak menuju ke sistem pencernaan untuk membantu. Dengan begitu, pasokan darah dan oksigen ke otak menjadi berkurang. Itulah salah satu alasan kenapa kamu yang sering merasa mengantuk setelah makan, terutama jika dalam porsi besar.

Pelepasan Hormon

Tubuh memerlukan pasokan energi untuk menjalankan fungsinya. Energi didapat dari makanan yang dimulai dari tubuh mencerna makanan dalam sistem pencernaan, mengurai zat gizi menjadi glukosa yang akan diubah menjadi energi. Setelah mengonsumsi makanan, tubuh merespons dengan melepaskan beberapa hormon seperti amilin, glukagon, dan kolesistokinin.

Hormon tersebut berperan dalam mengatur peningkatan kadar gula darah, memberikan perasaan kenyang, dan memicu produksi insulin yang akan diarahkan ke dalam sel untuk memasok energi ke sel tubuh. Otak juga melepaskan serotonin yang berpengaruh pada produksi hormon melatonin, hormon yang berperan dalam mengatur tidur dan bangun.

merasa ngantuk setelah makan
Foto: Unsplash.com

Makanan Kaya Protein dan Karbohidrat

Beberapa jenis makanan memiliki peranan lebih besar daripada makanan lainnya soal penyebab rasa mengantuk. Di antaranya adalah makanan kaya protein dan karbohidrat. Contoh makanan kaya protein misalnya daging, ikan, telur, kacang-kacangan, sedangkan makanan kaya karbohidrat misalnya roti, kentang, singkong, nasi.

Makanan yang kaya protein dan karbohidrat mengandung asam triptofan yang berkontribusi dalam memproduksi serotonin. Nah, serotonin inilah yang berperan dalam meningkatnya melatonin sehingga muncul rasa ngantuk.

Sahabat Sehat, itu tadi beberapa faktor penyebab yang bikin Sahabat Sehat ngantuk setelah makan. Bagi kamu yang ingin tetap produktif setelah makan tanpa rasa kantuk berlebihan, cobalah untuk tidak makan dalam porsi terlalu banyak. Kamu bisa penerapkan porsi yang lebih kecil, cukup minum air puti, dan bergerak setelah makan, seperti berjalan atau melakukan peregangan untuk merangsang aliran darah ke otak.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *