• February 21, 2024

Mengungkap Ancaman Duduk Terlalu Lama dan Cara Mencegahnya

Punggung yang Kesemutan

Terlalu lama duduk bisa menghambat sirkulasi darah ke punggung dan tungkai. Ini kemudian menyebabkan rasa kesemutan yang tak nyaman di kaki, pinggul, pinggang atau tubuh keseluruhan. 

Masalah Postur

Kebiasaan duduk yang berkepanjangan, bisa membuat postur tubuh rentan terganggu. Bahu yang merunduk dan punggung yang melengkung rentan menyebabkan masalah pada tulang belakang. Para ahli bahkan menyebutkan jika hal ini berpotensi meningkatkan risiko kelumpuhan. 

Melemahnya Otot dan Tulang

Aktivitas fisik yang minim membuat otot-otot dan tulang rentan melemah, yang pada akhirnya meningkatkan risiko cedera. Ini juga berlaku bagi kamu terbiasa duduk dan jarang bergerak. Duduk terlalu lama, memungkinkan tubuh bergerak sangat minim setiap harinya. Apalagi bagi mereka yang malas olahraga. 

Kenaikan Berat Badan

Kebiasaan terlalu lama duduk dan jarang bergerak bisa mengganggu metabolisme. Ini akan meningkatkan penumpukan lemak dalam tubuh dan menaikkan berat badan secara perlahan. Kebiasaan duduk, disadari atau tidak bisa meningkatkan kenaikan berat badan atau obesitas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *