• February 22, 2024

Mengeksplor Ragam Olahan Ubi Ungu yang Menyehatkan

Hai Sahabat Sehat! Tahukah kamu, mengonsumsi ubi ungu ternyata memiliki banyak sekali manfaat buat kesehatan. Kandungan senyawa fenol, serat pangan, dan antosianin, serta indeks glikemik yang rendah menjadi komponen penting dalam ubi ungu sebagai pangan fungsional.

Antosianin atau zat warna alami dalam ubi ungu dapat berperan sebagai antioksidan, begitu juga dengan kandungan senyawa fenol. Serat pangan bermanfaat dalam proses pencernaan, sedangkan indeks glikemik yang rendah bermanfaat untuk menekan kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes.

ubi ungu
Foto: Pixabay.com

Biasanya, ubi ungu hanya diolah sebatas direbus, digoreng, maupun diolah menjadi kolak, getuk dan kripik. Mengingat manfaatnya yang banyak, berikut ada beberapa variatif olahan yang bisa kamu coba, supaya kamu ngga bosan menikmati ubi ungu.

Jus

Jus ubi masih belum familiar di Indonesia. Akan tetapi, di negara tetangga seperti Filipina dan Thailand produk ini cukup popular. Proses pembuatan jus ubi ungu cukup sederhana, dengan mencampurkan pasta ubi ungu, air es, gula, asam sitrat dan sedikit soda. Jus ubi ungu memiliki warna yang sangat menarik. Nah, untuk memberikan kesan aroma jus yang segar, pasta dapat dicampurkan dengan buah berwarna ungu seperti anggur.

Mi

Penggunaan pasta ubi ungu dapat menggantikan sebanyak 40% tepung terigu dalam pembuatan mi. Pengolahan mi ubi ungu, meliputi pencampuran pasta ubi ungu, telur, garam, bumbu, kemudian digiling menggunakan gilingan mi. Selanjutnya, rebus sebentar adonan yang sudah dibentuk untuk mendapatkan mie basah. Kalau Sahabat Sehat ingin membuat mi kering, kamu bisa mengganti tahap merebus dengan mengoven adonan mi.

Selai

Selai umumnya dibuat dari buah-buahan seperti seperti strawberry, nanas, buah naga dan lainnya. Ternyata ubi ungu juga bisa diolah jadi selai yang enak, loh! Supaya punya rasa yang lebih segar, kamu bisa mencampurkan ubi ungu dengan buah lain yang punya warna serupa seperti anggur dengan perbanding 1:1. Kemudian, untuk membentuk tekstur khas selai, perlu ditambahkan pektin komersial karena kandungan pektin ubi ungu cukup rendah.

selai ubi ungu
Foto: Pixabay.com

Stik goreng

Stik goreng selalu diidentikan dengan berbahan kentang atau biasa dikenal sebagai french fries. Pepngolahan ubi ungu menjadi stik ini cukup tricky karena produk yang dihasilkan harus renyah, tidak melempem dan rasanya gurih.

Proses pembuatannya diawali dengan mencuci, mengupas, dan direndam ubi dalam air. Setelah itu, ubi dipotong secara memanjang berbentuk stik. Bila sudah dalam ukuran yang dingiinkan, blanching ubi dengan merebusnya dalam air mendidih selama 7,5 menit. Selanjutnya, tirisan, berikan bumbu, dan stik ubi ungu siap untuk digoreng.  Sebelum disajikan, jangan lupa untuk tiriskan dari sisa minyak terlebih dahulu, ya!

Ternyata pengolahan ubi ungu tidak sebatas langsung direbus, dikukus, dan digoreng saja. Sahabat Sehat bisa mencoba berbagai olahan tersebut, sekaligus meningkatkan minat konsumsi pangan yang lebih beragam. Di antara jus, mi, selain dan stik goreng, mana nih olahan ubi ungu yang paling ingin kamu coba?

su_accordion]

Referensi

Ginting, Erliana, Joko S. Utomo, Rahmi Yulifanti, M, Jusuf. 2011. Ubijalar Ungu sebagai Pangan Fungsional. Iptek Tanaman Pangan Vol. 6 No. 1

Widowati, S., B.A.S. Santosa, dan A. Budiyanto. 2007. Karakterisasi mutu dan indeks glikemik beras beramilosa rendah dan tinggi. Makalah disampaikan pada Seminar Padi di BB Padi, Sukamandi, 15-16 Nopember 2007.

Widowati, S. dan Wargiono. 2009. Nilai gizi dan sifat fungsional ubikayu. p. 320-331. Dalam: Wargiono, J., Hermanto dan Sunihardi (Eds.). Ubikayu Inovasi Teknologi dan Kebijakan Pengembangan. Puslitbang Tanaman Pangan. Bogor.

[/su_accordion]

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *