• February 21, 2024

Mau Tidur Sore? Ngga Bahaya Kah?

Sahabat Sehat mungkin mengetahui bahwa banyak info beredar supaya ngga tidur saat sore hari. Bahkan pada lagu jawa dengan judul “Padang Bulan” ada bagian yang menganjurkan untuk tidak tidur sore hari. Lantas adakah dampak negatif yang ditimbulkan pada tubuh kalau tidur di sore hari?

Menurunnya Daya Ingat

Efek yang paling sering ditemui dan efeknya langsung terasa adalah kebingungan hingga hilang ingatan sesaat. Pernahkah kalian menjumpai seseorang pelajar yang setelah tidur sore, kemudian bergegas untuk pergi sekolah padahal waktu masih maghrib. Kondisi ini disebabkan oleh tubuh yang tidak menyadari adanya perubahan siang dan malam, sehingga mengakibatkan kebingungan dan kelupaan.

dampak tidur sore
Foto: Unsplash.com

Namun, jika kebiasaan ini menjadi rutinitas akan berdampak juga efeknya pada jangka panjang, yakni kemampuan daya ingat akan menurun. Jadi, kalau ada teman atau keluarga dari Sahabat Sehat yang sering sekali lupa dengan hal kecil, tanyakan apakah sering tidur sore? Jika iya, mungkin itu sedikit-banyak pengaruh dari kebiasaan tidur sorenya.

Kadar Kolesterol Lebih Tinggi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering tidur saat sore hari memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak tidur saat sore hari sama sekali. Tidur saat sore hari dapat meningkatkan kadar kolesterol seseorang tanpa disadari karena tubuh tidur ketika metabolisme berada pada puncaknya.

Serangan Diabetes

Orang yang tidur sore hari, memperbesar peluang dirinya untuk mengalami diabetes. Hal ini disebabkan karena produksi insulin tubuh menurun akibat perilaku kurang gerak. Orang yang memiliki kebiasaan tidur saat sore hari perlu mewaspadai kemungkinan terkena diabetes lebih dini.

tidur di sore hari
Foto: Unsplash.com

Sakit Kepala

Ini juga salah satu efek yang terasanya langsung diterima. Setelah tidur sore banyak sekali yang mengeluhkan sakit kepala. Apalagi kalau bangunnya dalam kondisi kaget. Bisa saja sakit kepalanya akan lebih lama menghilangnya hingga beberapa hari.

Efek sakit kepala menciptakan kerugian baru, seperti mood yang berantakan, malas melakukan hal lain. Akibatnya produktifitas juga akan terganggu. Kalau dibayangkan, kamu sudah merancang kegiatan hari ini supaya lebih baik dari kemarin, tapi semua itu gugur karena tidur saat sore dan mengalami efek buruknya, kan sayang sekali.

So, Sahabat Sehat bagi kamu atau mungkin orang sekitar kamu yang sering tidur sore, sebaiknya kebiasaan tersebut mulai dikurangi hingga dihilangkan, ya. Mengingat banyak sekali kerugian yang bisa kamu dapatkan karena kebiasaan ini.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *