• February 21, 2024

Manfaat Rutin Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Sahabat Sehat, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi misalnya umur, jenis kelamin, aktivitas dan lainnya. Namun, rata-rata adalah 8 gelas per hari. Bisa juga dihitung dengan cara 30 ml dikali berat badan.

Dalam satu hari, ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk minum air putih. Salah satunya, adalah setelah bangun tidur. Kenapa demikian?

minum air putih saat bangun tidur
Foo: Unsplash.com

Gganti Cairan yang Hilang

Meskipun tidak melakukan aktivitas fisik, saat tidur tubuh tetap melakukan proses metabolisme dan pernapasan sehingga ada cairan yang hilang melalui pernapasan dan keringat. Minum air putih setelah bangun akan mengganti cairan yang hilang tersebut.

Ditambah lagi, tubuh akan menyerap air lebih baik saat perut kosong daripada saat perut sudah terisi makanan. Ketika Sahabat Sehat minum air saat perut kosong, air dapat dengan cepat masuk ke dalam aliran darah, sehingga dapat langsung digunakan oleh tubuh.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Dengan meminum air setelah bangun tidur, metabolisme bisa meningkat sekitar 25%. Apabila metabolisme meningkat,  kamu bisa merasa lebih bersemangat dan nyaman dalam beraktivitas. Selain itu juga bisa membantu dalam proses pencernaan dan penyerapan zat gizi.

Jaga Kesehatan Kulit

Dehidrasi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit karena membuat kulit menjadi lebih kering dan tampak kusam. Namun, dengan rutin mengonsumsi air putih setelah bangun tidur, kulit dapat terjaga kelembapannya, sehingga kerutan akan berkurang dan kulit tampak lebih cerah.

Air putih membantu menjaga kelembapan kulit dan mengeluarkan racun dari tubuh, yang berkontribusi pada kesehatan kulit yang lebih baik. Sekitar 30% dari kulit terdiri dari air, hal ini menunjukkan pentingnya mengonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit.

minum air putih
Foo: Unsplash.com

Tingkatkan Fungsi Ginjal

Ginjal adalah organ penyaringan, sehingga air sangat penting sekali dalam proses ini. Dengan minum air putih setelah bangun tidur, akan membantu ginjal untuk memproses racun dari tubuh dengan lebih baik. Racun yang terbuang dengan baik, akan membantu fungsi kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh secara keseluruhan merasa baik.

Bantu Mengontrol Berat Badan

Selama tidur, lambung akan dalam keadaan kosong. Ini yang membuat kamu terkadang merasa lapar saat baru bangun. Minum air putih akan mengurangi rasa lapar, sehingga kamu bisa lebing mengontrol keinginan makan dalam porsi besar di pagi hari.

Sahabat Sehat itu tadi manfaat dari anjuran meminum air putih setelah bangun tidur. Usahakan untuk meminum air setiap hari dengan cukup supaya tubuh tetap terhidrasi. Kamu bisa melihat warna urin untuk mengetahui apakah kamu sudah terhidrasi dengan baik atau masih harus menambah lagi konsumsi air putih harian.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *