• November 28, 2023

Manakah Diantara Gado-Gado dan Ketoprak yang Lebih Aman untuk Kolesterol?

Gado-gado terdiri dari berbagai jenis sayuran mentah seperti kacang panjang, tauge, kentang rebus, dan lontong. Semua sayuran tersebut diguyur dengan bumbu kacang yang kaya akan rasa. Bumbu kacang ini terkenal karena kelezatan dan kekentalannya. Meskipun begitu, gado-gado juga dapat dikonsumsi dalam porsi yang cukup besar, tergantung pada selera masing-masing individu.

Di sisi lain, ketoprak terbuat dari tahu, bihun, dan kacang panjang yang disajikan dengan bumbu kacang yang sama dengan gado-gado. Meskipun tidak sebanyak sayuran yang terdapat dalam gado-gado, ketoprak tetap menjaga kelezatan dan kekayanya dengan menggunakan bumbu kacang yang sama. Ketoprak juga dapat disajikan dengan tambahan telur rebus atau rempeyek sebagai garnis.

Dalam hal kalori dan kolesterol, kedua hidangan ini memiliki jumlah kalori yang relatif tinggi karena mengandung bumbu kacang yang kaya lemak dan protein. Namun, jika dibandingkan, gado-gado umumnya memiliki lebih banyak sayuran mentah daripada ketoprak. Sayuran mentah umumnya memiliki jumlah kalori dan kolesterol yang lebih rendah daripada bahan tambahan seperti tahu dan bihun. Jadi, jika ingin mengurangi asupan kalori, memilih gado-gado dengan porsi sayuran yang besar mungkin akan lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *