• February 22, 2024

Kolesterol Naik setelah Lebaran? Tips Diet Ini Bisa Bantu Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri 2023 sudah berlalu selama dua hari kemarin. Perayaan yang paling dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam di belahan dunia, saling berkumpul untuk menjaga silahturahmi dan saling bermaaf-maafan sesama anggota keluarga. Kurang lengkap rasanya jika belum menyantap berbagai hidangan khas Lebaran, seperti ketupat, opor ayam, rendang, krecek, dan gulai. Apalagi menikmatinya bersama sanak saudara dan keluarga besar, semakin terasa suasana kebersamaan hari Lebaran. Sudah menjadi hal yang lumrah kadar kolesterol meningkat setelah konsumsi berbagai hindangan makanan Lebaran.

Sebagian besar makanan Lebaran memang mengandung tinggi lemak dan kolesterol yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Opor ayam misalnya, makanan tersebut berbahan dasar santan yang pada dasarnya memiliki lemak yang tinggi. Para penderita kolesterol mungkin akan lebih berhati-hati untuk mengonsumsi makanan tersebut saat Lebaran. Walaupun lemak memang tidak sepenuhnya berbahaya dan tubuh tetap membutuhkan lemak untuk bekerja, lemak yang berlebihan dalam tubuh juga sangat berbahaya.

Tingginya kolesterol akibat dari lemak jenuh dan trans yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kondisi kesehatan berbahaya lainnya. Oleh karena itu, perlu untuk memerhatikan kondisi tubuh setelah menyantap semua makanan lebaran dengan bebas. Beberapa tips diet dibawah ini bisa membantu mengembalikan kolesterol seperti kondisi normal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *