• February 28, 2024

Kandungan Kolesterol dalam Keripik Pisang yang Harus Diketahui

Berbicara tentang kalori, 100 gram keripik pisang mengandung sekitar 519 kalori. Meskipun jumlah ini cukup tinggi, keripik pisang juga merupakan sumber energi yang baik karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Namun, kebanyakan keripik pisang juga mengandung lemak jenuh dan gula tambahan, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak, agar tidak menyebabkan kenaikan kolesterol.

Sebenarnya keripik pisang tidak berkontribusi secara langsung pada peningkatan kolesterol dalam tubuh. Kandungan lemak jenuh dalam keripik pisang tidak terlalu tinggi. Namun, perlu diingat bahwa keripik pisang umumnya digoreng dalam minyak panas. Proses penggorengan ini dapat meningkatkan kandungan lemak jenuh dalam keripik pisang, yang pada akhirnya bisa berdampak pada kolesterol.

Selain itu, perlu diperhatikan pula bahwa banyak produsen keripik pisang menggunakan tambahan gula dan garam untuk meningkatkan rasa. Konsumsi gula dan garam yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, apakah keripik pisang bisa membuat kolesterol naik? Jawabannya tergantung pada bagaimana keripik pisang itu diproses dan dikonsumsi. Konsumsi dalam jumlah yang wajar dan memilih keripik pisang yang tidak terlalu digoreng dan tidak terlalu banyak ditambah gula serta garam dapat membantu mencegah peningkatan kolesterol yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *