• June 6, 2023

Jenis-jenis Vitamin yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa

Vitamin menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama saat menjalankan ibadah puasa. Namun untuk mendapatkan manfaat yang optimal, kamu disarankan jangan asal dalam mengonsumsi vitamin. Nah, vitamin apa yang baik dikonsumsi saat puasa?

Cari tahu selengkapnya bersama Bumame di sini!

Vitamin puasa

Seperti kita ketahui bersama, puasa adalah saat kita menahan diri untuk tidak makan dan minum sebelum membatalkannya hingga tiba pada satu waktu yang telah ditentukan. Di saat puasa tersebut, tubuh kita membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjalankan semua fungsi dan tugasnya dengan optimal.

Maka dari itu, kita sebaiknya mengonsumsi vitamin tambahan di saat menjalankan ibadah puasa. Berikut adalah beberapa vitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat puasa: 

Vitamin C dapat membantu meningkatkan sel darah putih yang bertugas melawan virus dan bakteri. Maka dari itu, dengan mengonsumsi vitamin C, otomatis kamu bisa memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat. Jika kamu mengonsumsi vitamin C saat puasa, imun lebih terjaga dan tidak mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk. 

Baca Juga: Kapan Waktu Konsumsi Vitamin yang Tepat Saat Puasa?

Salah satu vitamin yang kamu butuhkan saat puasa adalah vitamin A. Menurut penelitian Journal of Clinical Medicine, vitamin A dapat membantu memperkuat lapisan lendir yang terdapat di permukaan tubuh. Lapisan tersebut yang kemudian akan melindungi kamu dari virus dan bakteri.  

Vitamin B adalah jenis vitamin larut air yang juga penting untuk tubuh kamu saat puasa. Ada banyak jenis vitamin B, seperti B1, B2, B3, B5, B6, B7, asam folat, hingga vitamin B12. Vitamin B menjalankan tugasnya dengan cara memecah zat gizi dari makanan-makanan yang kamu konsumsi dan mengubahnya dalam bentuk energi. 

Mengapa vitamin D juga penting dikonsumsi saat puasa? Karena vitamin D mempunyai peran dalam membantu meningkatkan produksi protein dalam tubuh. Protein ini dapat menjadi sumber energi dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Di sisi lain, kekurangan protein dapat membuat tubuh kita rentan terkena penyakit dan infeksi.

Vitamin E berperan untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh rusak. Tidak hanya menangkal radikal bebas, vitamin E juga bisa memperbaiki kualitas sel-sel dan mencegah tubuh dari serangan virus serta bakteri. Vitamin E juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. 

Kekurangan zinc bisa menyebabkan rasa lelah, lemas, mengantuk, atau sakit kepala. Gejala-gejala ini sangat mungkin dialami oleh orang yang sedang berpuasa. Maka dari itu, peran zinc sangatlah penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan kuman, virus, dan bakteri penyebab penyakit. 

Baca Juga: Suntik Vitamin Booster: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Layanan Terdekat

Konsultasi dokter untuk vitamin yang tepat

Itulah beberapa vitamin yang dapat menunjang ibadah puasa kamu. Sebelum mengonsumsi vitamin, ada baiknya kamu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi vitamin yang tepat. 

Suntik Vitamin Booster dekat dan terjangkau

Saat ini, kamu bisa melakukan suntik Vitamin Booster di Bumame. Tersedia 3 jenis suntik Vitamin Booster, yaitu Strength Booster, Immune Booster, dan Energy Booster yang dijual dengan harga mulai dari 100 ribu rupiah. Kamu dan keluarga bisa melakukan suntik Vitamin Booster dari rumah dengan layanan Home Care.

Untuk informasi dan pemesanan, silakan menghubungi customer care Bumame. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *