• February 21, 2024

Jangan Pernah Lakukan Diet Ekstrem Jika Tidak Ingin Merasakan 7 Dampak ini

Dilansir dari PharmEasy, dalam banyak kasus diet ekstrem, pemotongan kalori dan sumber makanan yang parah akan menyebabkan kekurangan nutrisi seperti karbohidrat, protein, berbagai vitamin, dan mineral. Deretan nutrisi tersebut adalah sumber energi yang sangat vital. Dengan kurangnya asupan nutrisi tersebut akan mengakibatkan beragam masalah kesehatan, seperti anemia, kelemahan otot, kerapuhan tulang, dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Gangguan mental

Tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh, diet ekstrem juga bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang. Orang yang menjalani diet ekstrem cenderung akan mengalami perubahan suasana hati secara drastis, mereka sering merasa depresi, cemas yang berlebih, sulit berkonsentrasi, hingga gangguan makan atau biasa dikenal dengan bulimia dan anoreksia.

Setelah membaca semua dampak dari diet ekstrem ini, sebaiknya melakukan diet yang sehat dan seimbang saja untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Tidak hanya bermanfaat untuk sekarang, namun juga untuk jangka panjang.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *