• February 21, 2024

Jaga Kesehatan dengan Pola Makan Shokuiku

Halo Sahabat Sehat! Menjaga tubuh tetap sehat dengan berat badan ideal merupakan hal yang cukup sulit dilakukan, apalagi buat kamu yang suka makan atau sulit menaikkan berat badan. Ternyata ada pola makan “shokuiku” sebagai solusi dari masalah tersebut. Lebih jelasnya simak penjelasan berikut, yuk!

Apa itu pola makan shokuiku?

Dalam bahasa Jepang, shokuiku memiliki arti “pendidikan makanan”, yang dipromosikan melalui pola makan intuitif dan seimbang. Sagen Ishizuka, seorang dokter militer asal Jepang, diduga menjadi orang pertama yang mengembangkan shokuiku dan juga menciptakan diet makrobiotik.

pola makan shokuiku
Foto: Freepik.com

Di Jepang progaram ini telah dipromosikan kepada anak sekolah dan remaja untuk memperbaiki pola dan kebiasaan makan. Program tersebut telah diberlakukan dalam Hukum Dasar Shokuiku di tahun 2005.

Aplikasi shokuiku untuk edukasi gizi

Penerapan shokuiku ini dilakukan sebagai langkah untuk menjaga angka harapan hidup masyarakat Jepang. Seperti yang Sahabat Sehat ketahui, beberapa penyakit terkait gaya hidup telah menjadi masalah kesehatan utama di dunia, termasuk Indonesia. Edukasi atau pendidikan gizi memiliki tujuan untuk meningkatkan praktik diet, memastikan asupan energi atau gizi yang cukup dan juga mengurangi berbagai faktor risiko penyebab penyakit terkait gaya hidup.

Shokuiku memiliki konsep, yakni dengan melakukan pendekatan secara luas mengenai budaya makan Jepang melalui program berbasis sekolah. Selain itu juga dengan memperbaiki kebiasaan makan melalui pemberian informasi tentang pola makan yang tepat.

Pedoman diet yang termasuk bagian dari shokuiku

Beberapa anjuran yang menjadi bagian dari shokuiku, di antaranya menikmati makanan yang dikonsumsi, membuat jam makan regular untuk menentukan jam makan, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang antara makanan pokok, lauk utama dan pendamping.

Masyarakat juga diimbau untuk mengonsumsi olahan serealia seperti nasi secukupnya, serta membatasi konsumsi garam dan lemak. Kemudian, imbangi dengan menu yang beragam, mulai dari dari sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu.

Pahami juga berat badan yang ideal untukmu dan seimbangkan energi yang masuk ke tubuh dengan aktivitas fisik. Nah, yang ngga kalah penting yakni mengonsumsi makanan lokal, mengurangi sisa dan sampah makanan, serta menerapkan cara penyimpanan dan memasak yang tepat.

manfaat pola makan shokuiku
Foto: Freepik.com

Manfaat shokuiku untuk kesehatan

Shokuiku mempraktikan makan sehat dan makan intuitive, yang akan membantu untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal. Pola makan ini juga mengajari kamu untuk membatasi konsumsi pangan olahan, yang sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit radang usus, depresi, dan bahkan jenis kanker tertentu. Bukan cuma itu saja, shokuiku juga mempromosikan untuk saling berbagi makanan dengan keluarga atau teman, loh!

Sahabat Sehat itulah beberapa informasi mengenai shokuiku.  Sebenarnya, di Indonesia sendiri Kemenkes juga sudah memberikan anjuran pola makan melalui Pedoman Gizi Seimbang yang ngga jauh berbeda dari shokuiku. Jadi, yuk mulai terapkan dari sekarang!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Ajmera, R. 2021. Shokuiku: The Wisdom of Japanese Intuitive Eating, Plus Tips to Try It. https://www.healthline.com/nutrition/shokuiku#health-benefits. Diakses 6 Mei 2023.

Kurotani, K., Shinsugi, C., Miyoshi, M., & Takimoto, H. (2020). Overviews of Shokuiku Promotion. https://www.jstage.jst.go.jp/article/eiyogakuzashi/78/Supplement/78_S50/_pdf. Diakses 4 Mei 2023.

Ministry of Agriculture, Forestry, and Fisheries. What is “Shokuiku (Food Education)”?. https://www.maff.go.jp/e/pdf/shokuiku.pdf. Diakses 5 Mei 2023.

Miyoshi, M., Tsuboyama-Kasaoka, N., & Nishi, N. (2012). School-based” Shokuiku” program in Japan: application to nutrition education in Asian countries. https://www.semanticscholar.org/paper/School-based-%22Shokuiku%22-program-in-Japan%3A-to-in-Miyoshi-Tsuboyama-Kasaoka/3d2dd85ac0fe77d1a2c4722eda04c4cd359ce327. Diakses 3 Juni 2023.

Fadli, R. 2021. Mengenal Shokuiku, Kebiasaan Makan Sehat Ala Jepang. https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-shokuiku-kebiasaan-makan-sehat-ala-jepang. Diakses 3 Mei 2023.

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *