• December 9, 2023

Ini Sebab Makanan Freeze Dried Punya Tekstur Berongga

Halo Sahabat Sehat! Saat ini makanan freeze dried sangat digemari karena teksturnya yang unik, dari mulai permen, buah sampai sayur dapat di dikeringkan dengan metode frezee dried. Tekstur unik tersebut didapatkan dari proses metode freeze dried. Lebih jelasnya, yuk simak artikel ini!

Apa itu freeze dry?

Frezee dry atau pengeringan beku yang juga dikenal sebagai liofilisasi adalah salah satu metode pengolahan dengan mendehidrasi atau menghilangkan kandungan air dari pangan. Terjadi proses sumlimasi kandungan air di bahan melalui transisi langsung dari air padat (es) menjadi uap.

freeze drying
Foto: Pixabay.com

Frezee drying menjadi salah satu metode pengawetan pangan dengan proses mengeringkan tanpa menggunakan suhu tinggi. Berbagai macam makanan dapat diawetkan dengan pengeringan beku, termasuk buah-buahan, sayuran, daging, makanan utuh, biji-bijian, minuman, rempah-rempah, dan pemanis.

Kenapa bisa bikin makanan jadi berongga?

Terdapat dua proses dalam motode ini yaitu proses pembekuan dan pengeringan, pada bahan yang sudah membeku kemudian air terkandung akan dihilangkan dengan mengubahnya dari bentuk beku ke dalam bentuk gas (uap air) tanpa melalui proses cair yang disebut sebagai proses sublimasi. Proses ini dapat menjadikan produk yang terjaga mutu kualitasnya serta mudah sekali larut dalam air.

Pada proses pembekuan, akan terbentuk kristal es dalam produk saat proses pengeringan. Kristal es tersebut akan tersublimasi dan meningkatkan rongga atau pori dalam produk, sehingga produk tersebut akan berpori atau bersifat porous setelah dikeringkan.

Foto: Freepik.com

Manfaat makanan freeze dry

Pengeringan beku adalah salah satu cara terbaik untuk mempertahankan aktivitas senyawa bioaktif pada makanan yang bermanfaat. Sekaligus, menjaga kandungan gizi, warna, rasa, dan struktur. Itu sebabnya banyak digunakan untuk menghasilkan produk makanan bernilai tinggi. Adapun penelitian menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan metode pengeringan lainnya, pengeringan beku adalah yang paling efektif dalam mempertahankan antioksidan, seperti antosianin, flavonoid, dan asam askorbat atau vitamin  C.

Selain itu, mengingat adanya penurunan aktivitas air menghambat pertumbuhan sebagian besar bakteri, ragi, dan jamur, sehingga mampu memperpanjang umur simpan makanan. Hal ini sangat penting terutama untuk makanan nabati, yang mungkin tidak tersedia sepanjang tahun. Menghilangkan kandungan air suatu produk menyebabkan berkurangnya volume dan berat, sehingga lebih mudah untuk disimpan.

Nah, Sahabat Sehat makanan freeze dried sangan amat untuk dikonsumsi. Saat ini alat untuk freeze drying rumahan juga sudah tersedia, loh! Apakah kamu tertarik mencobanya?

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Neta Mustikasari

Lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *