• February 22, 2024

Ikura, Telur Salmon Pelengkap Hidangan Jepang

Kamu pecinta makanan Jepang? Jika ya, pasti sudah tak asing lagi dengan telur ikan yang dijadikan topping di berbagai beberapa hidangan. Selain caviar yang berwarna hitam, ada topping berwarna merah oranye yang disebut ikura. Tak kalah dari dagingnya. olahan telur salmon mentah ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan, loh!

Fakta Unik Ikura

Ikura yang dikenal sebagai topping di berbagai hidangan Jepang ternyata sangat digemari. Warna yang menarik dan tekstur agak kenyal seperti bubur sagu mutiara menjadi daya tarik olahan telur salmon ini.

ikura
Foto: Feepik.com

Meski dikenal sebagai “telur ikan salmon mentah”, sebenarnya ikura sudah dibumbui kecap asin dan dashi. Akan tetapi, cita rasanya jauh lebih enak jika dimasak hingga matang. Ikura banyak dihidangkan sebagai topping aneka kuliner Jepang, seperti kaisendon dan donburi. Selain itu, ikura juga diolah menjadi bahan sushi.

Kandungan Gizi Telur Salmon

Sama seperti dagingnya yang kaya gizi, telur salmon juga mengandung banyak zat gizi. Telur salmon kaya asam lemak sehat. Berdasarkan penelitian di Journal Clinical Interventions in Aging, telur salmon mengandung omega-3, omega-6, omega-7, dan omega-9. Telur ini juga merupakan sumber protein dan vitamin A yang baik untuk kesehatan. Pigmen astaxanthin yang membuatnya berwarna oranye kemerahan ini bersifat antioksidan dan membantu melawan kerusakan karena radikal bebas.

Dilansir dari laman SehatQ, berdasarkan NCC Food and Nutrition Database, dalam 100 gram telur salmon mengandung 250 kalori, 29.2 gram protein, 14 gram lemak total, dan 2.9 gram karbohidrat. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya meliputi vitamin A sebanyak 10.1% dari kebutuhan harian, vitamin D sebanyak 58% dari kebutuhan harian, zat besi 66% dari kebutuhan harian, fosfor 39% dari kebutuhan harian, kalsium 27.5% dari kebutuhan harian, dan folat sebesar 12.5% dari kebutuhan harian.

Manfaat Ikura untuk Kesehatan

Ikura menawarkan beragam manfaat kesehatan, mulai dari mendukung tumbuh kembang janin, mengatasi berbagai keluhan kesehatan, hingga mengatasi efek radikal bebas.

telur ikan salmon
Foto: Feepik.com

Asam lemak omega-3 juga mendukung tumbuh kembang sistem saraf dan otak janin. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 8-12 ons makanan laut dengan kandungan asam lemak omega-3 agar bisa merasakan manfaat tersebut.

Bukan hanya itu, asam lemak omega-3 juga berkhasiat mengurangi peradangan. Termasuk menurunkan risiko terjadinya arthritis atau radang sendi dan penyakit jantung.

Kalau Sahabat Sehat mau mengonsumsi telur ikan salmon, pilihlah telur yang berwarna merah oranye bercahaya, sedikit transparan, dan mudah dipisahkan satu dengan lainnya. Semakin besar ukuran telur, maka semakin baik kualitasnya. Selain itu, pilih telur yang bertekstur agak keras, tetapi lentur terhadap tekanan agar tidak mudah rusak.

Meskipun punya banyak manfaat, tetap konsumsi secukupnya, ya. Ini dikarenakan ikura tinggi akan kandungan kolesterol dan garam.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *