• February 28, 2024

Gejala Umum Mycoplasma Pneumoniae dan Mengetahui Cara Pencegahannya, Penyakit yang Rentan Terkena Pada Anak

Fimela.com, Jakarta Bakteri Mycoplasma pneumoniae tengah menjadi sorotan, penyakit pneumonia ini cukup mengkhawatirkan terutam bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan, di Tiongkok mayoritas menyerang anak-anak.

Di Indonesia sendiri, melansir dari Liputan6, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Imran Pambudi menyebutkan bahwa pihaknya telah mendapatkan laporan mengenai Pneumonia akibat Mycoplasma terhadap pasien anak. Sementara itu pihaknya sedang melakukan konfirmasi ke fasilitas kesehatan dan nantinya akan merilis pernyataan resminya.

“Laporan yang diterima Kemenkes tercatat ada tiga pasien anak yang dilaporkan mengalami gejala yang mengarah ke infeksi bakteri Mycoplasma,” ujarnya melansir Liputan6.com

Lalu sebenarnya apa itu bakteri Mycoplasma pneumoniae? Melansir Medicalnewstoday, mycoplasma pneumoniae adalah sejenis bakteri. Penyakit ini sering kali menyebabkan penyakit ringan pada sistem pernafasan. Biasanya lebih mudah terkena pada anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa muda.

Namun abkteri ini juga dapat menyebabkan pneumonia, suatu infeksi paru-paru. Dan biasanya menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas berupa batuk dan sakit tenggorokan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), bakteri tersebut bertanggung jawab atas “flu dada” atau trakeobronkitis yang umum terjadi pada anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *