• February 21, 2024

Gak Perlu Panik, Atasi Clogged Pores dengan 6 Cara Ini

Tersumbatnya pori-pori kulit bukanlah persoalan yang asing. Akan tetapi, kondisi ini ngga bisa dianggap remeh loh, Sahabat Sehat! Ini karena clogged pores bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan kulit, seperti kulit kusam, komedo dan jerawat.

Apa Penyebabnya?

Banyak faktor penyebab clogged pores, bisa karena sel kulit mati, minyak berlebih, dan akumulasi kotoran yang terjebak dalam pori-pori. Dibandingkan bagian tubuh lainnya, pori-pori tersumbat lebih sering terjadi di wajah, ini dikarenakan adanya faktor make up yang menempel pada kulit seharian.

atasi clogged pores
Foto: Pexels.com

Produk skincare yang tidak cocok juga bisa menyumbat pori-pori. Kebiasaan tidak segera mencuci muka ataupun menyentuh wajah tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu juga memicu akumulasi kotoran yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

Ciri Clogged Pores

Memang ngga mudah mengetahui penyumbatan pori-pori kulit secara kasat mata. Tapi, kamu bisa mengenalinya dengan tanda tertentu. Dalam tahap awal, akan muncul tonjolan putih seperti butiran putih di permukaan kulit yang disebut komedo tertutup (whitehead). Pada penyumbatan yang lebih lebar, muncul butiran hitam yaitu komedo terbuka (blackhead). Jika lebih parah, muncul tonjolan biru kehitaman atau pore of winer.

Jika tidak diatasi, maka penyumbatan semakin parah dan menyebabkan iritasi serta infeksi. Kulit menjadi bengkak, merah, meradang, sehingga terbentuklah jerawat. Dalam kondisi lebih parah, bisa terjadi jerawat nanah yang bekasnya bisa merusak kulit.

Cara Atasi Pori Terusmbat

Pori-pori tersumbat ini bisa dialami siapa saja, khususnya remaja dan seseorang yang punya riwayat keluhan kulit serupa di keluarganya. Rangkaian cara untuk mengatasi clogged pores berikut ini dapat diterapkan sebelum efeknya semakin parah.

Hindari Menyentuh Wajah Saat Tangan Kotor

Reflek menyentuh wajah karena gatal saja bisa memicu masalah kulit. Bagaimana jika menyentuh wajah saat tangan kotor? Tentu efeknya semakin parah. Oleh karenanya, usahakan ngga menyentuh wajah saat tangan kotor. Ingatlah untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah.

Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Rutinlah membersihkan wajah, minimal dua kali sehari dengan air hangat suam-suam kuku dan sabun wajah berbahan lembut sesuai jenis kulitmu. Setelahnya, keringkan wajah dengan handuk bersih dan lembut secara perlahan. Hindari membersihkan wajah lebih dari dua kali sehari karena justru menghilangkan kelembaban alami kulit.

Lakukan Double Cleansing

Meskipun sudah mencuci muka, terkadang masih terdapat sisa kotoran make up atau minyak di dalam pori-pori yang tak terjangkau oleh sabun muka. Sisa kotoran tersebutlah yang membuat pori tersumbat. Oleh karena itu, lakukan double cleansing agar terhindar dari clogged pores.

Pertama, gunakan pembersih oil based, seperti micellar water, cleansing balm, cleansing oil, atau cleansing milk untuk membersihkan wajah dari make up, skincare, minyak, dan kotoran. Kedua, gunakan pembersih water based (facial wash) untuk membersihkan keringat dan sisa kotoran.

masker charcoal
Foto: Pexels.com

Gunakan Masker Wajah Berbahan Aktif Charcoal

Charcoal atau bahan aktif arang bermanfaat mendetoksifikasi kulit, sehingga bisa menghilangkan kotoran di atas dan di bawah permukaan kulit yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Kamu bisa menggunakan masker tersebut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Rutin Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah teknik mengangkat sel kulit mati. Disarankan melakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali setiap minggu agar pori-pori kulit tidak tersumbat. Jika kulit berjewarat, direkomendasikan menghindari produk physical exfoliants (eksfoliasi dengan sikat atau scrub) karena bisa mengiritasi kulit.

Pilih Produk Non-Comedogenic

Pilihlah produk kecantikan yang berlabel non-comedogenic atau sudah teruji bebas dari bahan yang dapat menyumbat pori seperti minyak. Meskipun tidak menjamin 100%, namun kamu dapat mencobanya untuk mengatasi clogged pores.

Serangkaian cara mengatasi clogged pores di atas sangat membantu, bukan? Sahabat Sehat tak perlu panik atau cemas lagi karena kulit wajah terbebas dari komedo, kulit kusam, dan jerawat akibat pori-pori tersumbat. Perlu diingat, jaga terus kesehatan wajahmu agar terbebas dari persoalan kulit yang tentu mengganggu aktivitasmu.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *