• February 22, 2024

FOPO : Ketika Takut Akan Penilaian Orang Lain

Hai Sahabat Sehat, dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan terlepas dari yang namanya interaksi. Dalam interaksi dengan sesama manusia, beberapa momen ada pada pembahasan terkait pemberian opini. Nah ada nih fenomena di tengah masyarakat, namanya adalah FOPO atau Fear of Other People’s Opinions. Apakah kamu cukup asing dengan istilah tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut untuk menambah wawasan kamu perihal apa sih, FOPO ini?

Definisi FOPO

FOPO adalah singkatan dari “Fear of Other People’s Opinions” dalam bahasa Inggris, yang dalam bahasa Indonesia berarti ketakutan terhadap opini orang lain. FOPO mengacu pada kecemasan seseorang yang muncul akibat dari rasa takut terhadap pandangan atau opini orang lain tentang dirinya. Ketakutan ini berpotensi menghambat seseorang dalam berkembang.

Foto: Unsplah.com

Seseorang yang mengalami FOPO memiliki ketakutan berlebih terhadap kritikan penilaian, ketidak setujuan sosial terkait penampilan atau tindakan yang dilakukan. Seseorang yang mengalami FOPO sangat membutuhkan motivasi ekstra dan kesadaran terkait kemampuan yang dimiliki. Mengapa seseorang bisa mengalami FOPO? Apa faktor penyebabnya?

Faktor Penyebab Seseorang Mengalami FOPO

FOPO yang dialami seseorang kemungkinan adalah kombinasi dari beberapa faktor. Faktor tersebut di antataranya endahnya rasa percaya diri, tekanan sosial, pengaruh sosial media, pengalaman traumatis masa lalu, pendidikan dan budaya. FOPO bisa berdampak pada banyak hal beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Dampak Apabila Seseorang Mengalami FOPO

Seseorang yang mengalami FOPO tingkat kepecayaan dirinya akan menurun. Penilaian orang lain yang membuatnya takut membuat dia merasa meragukan kemampuan sendiri. Pada saat berinteraksi pun akan diselimuti rasa cemas atau gelisah karena adanya perasaan takut ketika lawan bicara menyinggung hal yang sensitif bagi dirinya misal pendidikan, karir, asmara dan lainnya.

Individu yang seperti ini sangat mungkin menjadi sangat selektif dalam berinteraksi sosial. FOPO juga dapat menghilangkan kesempatan seseorang untuk mengembangkan dirinya, karena dari awal sudah takut dengan kemungkinan penilaian negatif orang lain. FOPO yang parah bahkan bisa membuat seseorang mengalami depresi.

Tips Supaya Tidak Mengalami FOPO

Meningkatkan rasa percaya diri. Kamu suka dengan sesuatu? Cobalah melakukan kemajuan di bidang yang kamu suka itu. Biasanya seseorang akan mengalami peningkatan rasa percaya diri saat mendapatkan kemajuan pada bidang yang disukai.

Foto: Unsplah.com

Fokus pada diri sendiri. Sadari bahwa pandangan keberhasilan orang lain tidak sepenuhnya benar. Hal yang menjadi perhatian kamu adalah fokus pada perkembangan diri. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Kenali bahwa kamu juga mutiara. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Bahkan seseorang bisa berdamai dengan kekurangannya hingga menjadi kelebihan. Seperti contoh seseorang yang tidak memiliki suara bagus untuk bernyanyi, nekat saja bernyanyi dan justru pada akhirnya banyak penghasilan dari hal tersebut. Ini bisa saja karena yang disuguhkan bukan suara bagus, melainkan hiburan dan tawa karena suara yang tidak bagus tersebut.

Sahabat Sehat itu tadi informasi seputar FOPO. FOPO pada dasarnya ketakutan yang ada di benak kita sendiri. Belum tentu juga ketakutan itu akan terjadi. Ketakutan ini membuat kita membatasi diri sehingga tidak bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Mungkin kalimat yang cocok adalah “mulai aja dulu”

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Muhammad Alif Fiandra

Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *