• February 28, 2024

Dokter Ungkap Cek Kelembaban Rumah Jika Batuk Tak Kunjung Sembuh

Fimela.com, Jakarta Kelembaban udara memainkan peran penting dalam kesehatan kita, terutama ketika datang ke masalah pernapasan seperti batuk. Batuk adalah respon alami tubuh terhadap iritasi atau infeksi di saluran pernapasan, dan kelembaban udara dapat mempengaruhi seberapa sering dan parahnya batuk yang dialami seseorang.

Udara yang lembab atau kelembaban tinggi dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Ini karena kelembaban tinggi memungkinkan pertumbuhan jamur, bakteri, dan tungau debu, yang dapat menjadi pemicu bagi seseorang yang rentan terhadap alergi atau memiliki kondisi pernapasan seperti asma.

Menurut dr. Gia Pratama, dikutip dari postingan video instagram @giapratamamd, menyampaikan akhir akhir-akhir ini banyak pasien yang mengeluhkan batuk yang tidak sembuh-sembuh. Banyak yang mengira mereka sakit karena terpapar polusi, padahal ada pemicu lain, yaitu kelembaban udara di dalam rumah yang melebihi batas normal.

“Rumah lembab juga dapat memicu penyakitseperti Rhinitis, Bronkitis, Pneumonia terutama bagi anak-anak dan lansia” katanya dalam isi video tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *