• February 28, 2024

Disebut Darah Tinggi, Berapa Angka Normal Tekanan Darah? Kenali Juga Makanan yang Tepat untuk Menurunkannya

Orang yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi perlu memperhatikan asupan makanannya agar dapat menjaga stabilitas tekanan darah. Oleh karena itu, bagi penderita hipertensi disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat sebagai upaya menurunkan tekanan darah. 

Menurut informasi dari Siloam Hospitals, penderita hipertensi harus mengonsumsi:

Bit mengandung senyawa nitric oxide yang dapat berperan dalam membuka pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Pisang merupakan buah yang dikenal sebagai penurun tekanan darah tinggi karena kandungan kaliumnya yang tinggi, membantu dalam menjaga stabilitas tekanan darah.

Buah beri, khususnya blueberry, mengandung banyak flavonoid, senyawa alami yang dapat membantu mencegah hipertensi dan menurunkan tekanan darah.

Menurut American Heart Association, wanita yang rutin mengonsumsi lima porsi atau lebih yogurt setiap minggu mengalami penurunan risiko tekanan darah tinggi sebanyak 20 persen. 

Brokoli diakui sebagai salah satu jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang berpengaruh pada tekanan darah.

Disamping memiliki karbohidrat yang baik, kentang juga mengandung magnesium, kalium, dan serat tinggi. Kandungan-kandungan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah bila dikonsumsi secara teratur.

Wortel mengandung senyawa fenolik seperti klorogenik dan asam caffeic, yang memiliki manfaat membantu mengendurkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan. Hal ini dapat membantu mengatasi serta mencegah kondisi tekanan darah tinggi agar tidak semakin parah.

Bawang putih memiliki kandungan antibiotik alami bernama allicin, yang dapat mengurangi risiko peradangan dan meminimalkan potensi memburuknya kondisi hipertensi.

Biji rami mengandung lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan tekanan darah. Selain itu, biji rami juga mengandung berbagai senyawa lain, seperti asam alfa linolenik, peptida, serat, dan lignan, yang dipercaya dapat menjaga stabilitas tekanan darah.

Ikan laut, seperti tuna dan salmon, mengandung lemak sehat omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Konsumsi omega-3 secara teratur, setidaknya 2 kali seminggu, dapat memberikan efek menurunkan tekanan darah, sehingga sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *