• February 21, 2024

Ciri-ciri Kanker Paru-paru Stadium 4

Mengetahui stadium suatu kanker penting untuk mengetahui pilihan terapi yang tersedia serta mengetahui prognosis dari pasien dengan kanker tersebut. Pada kanker paru-paru, terdapat beberapa tipe kanker serta tingkatan stadium yang penting untuk diketahui. Kanker paru di tingkat yang paling berat atau ganas adalah stadium 4. Seperti apa sih, ciri-ciri seseorang dengan kanker paru yang sudah mencapai stadium 4? Bagaimana terapinya? Apakah masih dapat disembuhkan? Yuk, simak pembahasan berikut!

Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Paru Paru yang Mudah Dilakukan

Tipe dan stadium kanker paru-paru

Secara umum, kanker paru dibagi menjadi dua, yaitu small cell dan non-small cell. 

Pada kanker dengan tipe small-cell, pembagian stadium kanker biasanya menggunakan sistem TNM, yaitu:

  • T 🡪 ukuran tumor
  • N 🡪 penyebaran sel kanker ke kelenjar getah bening
  • M 🡪 Metastasis sel kanker

Kanker dengan tipe small-cell dapat dibagi menjadi dua kelompok stadium utama, yaitu:

  • Limited stage (terbatas): Kanker pada salah satu paru dan kemungkinan menyebar ke kelenjar getah bening sekitar. Pada tahap ini kanker belum menyebar ke bagian paru yang lain atau organ-organ lainnya.
  • Extensive stage (meluas): Kanker sudah meluas ke area paru yang lain serta menyebar ke bagian-bagian lain di rongga dada. Kanker juga mungkin sudah menyebar ke organ lain seperti ke otak.

Pada kanker dengan tipe non-small-cell, stadium kanker ditentukan dengan sistem TNM serta penomoroan X, 0, 1, 2, 3, dan 4. Secara umum, stadiumnya dapat dibagi menjadi berikut:

  • Stadium 0: Tumor sangat kecil, kanker belum menyebar ke jaringan paru yang dalam atau ke luar paru.
  • Stadium 1: Kanker sudah berada di dalam jaringan paru tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening.
  • Stadium 2: Kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening regional.
  • Stadium 3: Kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening yang lebih jauh dan ke bagian tengah dari rongga dada.
  • Stadium 4: Kanker sudah menyebar dengan luas ke seluruh tubuh—bisa jadi sudah mengenai organ-organ lain seperti otak, tulang, dan hati.

Baca Juga: Jenis-jenis Tes Diagnosis Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru stadium 4

Sesuai penjelasan di atas, kanker paru stadium 4 adalah tahap ketika kanker sudah menyebar ke organ lain di luar paru seperti otak, tulang, dan hati. Manifestasi klinis dari kanker paru stadium 4 tentunya melibatkan gejala paru yang berat dan dengan gejala-gejala tambahan dari berbagai sistem organ lain sesuai organ yang terkena metastasis dari kanker paru. Contohnya, jika kanker menyebar ke hati, maka pasien dapat mengalami kuning di bagian mata, kulit dan kuku (jaundice). Jika kanker menyebar ke otak, pasien dapat mengalami sakit kepala, perubahan suasana hati, paralisis atau kelumpuhan dan lain sebagainya.

Untuk mengkonfirmasi terjadinya metastasis atau penyebaran sel kanker dari paru ke organ lain, dapat dilakukan berbagai pemeriksaan penunjang, salah satunya yang paling akurat adalah dengan melakukan pengambilan jaringan sampel untuk kemudian diamati di laboratorium (biopsi histopatologi). 

Baca Juga: Ini Dia Alasan Perokok Rentan Terkena Penyakit Kanker Paru-Paru

Bagaimana terapi kanker paru-paru stadium 4?

Secara umum, terapi kanker bergantung pada stadium penyakit, keadaan umum penderita, komorbiditas tujuan pengobatan, serta keefektifan biaya pengobatan. 

Terapi bedah dapat dilakukan jika kanker masih berada pada stadium I dan II. Radioterapi atau penyinaran serta kemoterapi dilakukan pada kanker stadium lanjut, di mana kanker sudah menyebar ke bagian-bagian tubuh yang jauh dari tempat awalnya.

Pada kanker paru stadium 4, pasien sudah tidak dapat sembuh kembali. Namun, beberapa terapi tetap dapat dilakukan dengan tujuan paliatif—yaitu untuk mengurangi gejala yang dirasakan pasien dan meningkatkan kualitas hidup pasien yang sedang menghadapi kanker stadium lanjut ini. 

Beberapa pilihan modalitas terapi yang biasa digunakan pada pasien kanker paru stadium 4 adalah kemoterapi atau radioterapi. Terapi paliatif yang dilakukan harus memperhatikan juga aspek-aspek fisik, psikis, sosial serta spiritual pasien secara keseluruhan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Skrining dini risiko kanker paru-paru

Tersedia layanan LUNGClearâ„¢ di Bumame. LUNGClearâ„¢ adalah skrining dini risiko kanker paru-paru sebelum kamu mengalami gejalanya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait LUNGClearâ„¢, kamu dapat menghubungi customer care Bumame.

Ditulis oleh: Adara Kirana Putri S.Ked

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *