• February 21, 2024

Cegah Badan ‘Jompo’ di Usia 30-an dengan Cara Ini

Kebiasaan atau pola hidup erat kaitannya dengan kesehatan tubuh. Jika terbiasa mengabaikan pola hidup sehat, maka fungsi tubuh akan lebih cepat menurun. Salah satu akibatnya, bisa bikin badan ‘jompo’ di usia 30-an yang semestinya masih produktif. Tentu Sahabat Sehat ngga mau, kan? Yuk, hindari kebiasaan buruk dan cegah degenerasi fungsi tubuh saat masih produktif.

Pola Hidup yang Buruk

Selain proses alami, seperti pertambahan usia, degenerasi atau penuaan pada sel tubuh dipengaruhi oleh gaya hidup yang kurang sehat. Kemampuan produksi dan pembaruan sel tubuh jadi menurun secara drastis seiring bertambahnya usia. Berikut ini beberapa kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari.

menjaga kebugaran tubuh
Foto: Pexels.com

Kurang Mengonsumsi Makanan Bergizi

Kualitas hidup sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan junk food bisa menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan gizi. junk food  sendiri dapat diartikan sebagai makanan yang tinggi kalori, garam, gula atau lemak, namun rendah akan kandungan gizi lain seperti vitamin dan mineral. Jika terus terjadi, kebiasaan ini bisa mengganggu fungsi organ tubuh, termasuk tulang, karena kekurangan zat gizi yang dibutuhkan.

Sering Mengonsumsi Fast Food

Di zaman serba modern ini, semua hal tersedia dalam bentuk instan. Dalam hal makanan, fast food sering menjadi pilihan karena praktis dan mudah di dapatkan. Varian yang tersedia juga sangat beragam. Minusnya, makanan jenis ini biasanya mengandung berbagai zat tambahan, seperti pengawet yang bisa berisiko bagi kesehatan bila dikonsumsi melebihi bataas yang dianjurkan.

Jarang Berolahraga

Jarang olahraga juga mengurangi kesehatan, kebugaran, dan ketahanan tubuh. Kekuatan tulang dan kesehatan jantung tidak terkondisi dengan baik jika jarang olahraga. Metabolisme tubuh juga jadi kurang optimal.

menjaga kebugaran tubuh
Foto: Pexels.com

Tips Mencegah Degenerasi di Usia Produktif

Seiring berjalannya waktu, tubuh mengalami penurunan fungsi karena berbagai faktor. Selalin faktor usia, perubahan dipicu oleh pola hidup atau kebiasaan yang kurang baik. Minimnya kesadaran hidup sehat semakin meningkatkan risiko kesehatan. Berdasarkan Jurnal Nature Medicine, peradangan kronis bisa menyebabkan berbagai perubahan yang menurunkan fungsi tubuh.

Semakin jauh dari kata ‘sehat’ pola hidupnya, semakin cepat penurunan fungsi tubuh. Bhakan, ngga jarang degenerasi ini terjadi pada usia 30-an. Terus, bagaimana tips mencegah degenerasi di usia produktif?

Jangan Skip Makan Sayur dan Buah

Apa Sahabat Sehat sering skip makan sayur dan buah? Kedua asupan bergizi ini seringkali diabaikan karena memilih makanan lain yang dirasa lebih lezat. Padahal, sayur dan buah mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Cukup Istirahat

Supaya tubuh tetap fit, kamu perlu membiasakan untuk memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup. Hindarilah begadang atau tidur larut malam jika tidak diperlukan. Bukan sekadar mendapat waktu istirahat yang cukup, pastikan kualitas tidur kamu juga baik supaya ngga merasa ‘jompo’ meki baru berusia 30-an.

Olahraga Teratur

Olahraga teratur membuatmu bisa lebih aktif. Kondisi tubuh lebih prima karena metabolisme lebih lancar. Dalam keseharian, tidak perlu olahraga berat. Lakukan saja olahraga ringan, seperti jogging, bersepeda, ataupun yoga.

Lakukan Peregangan di Sela Aktivitas

Melakukan aktivitas monoton di depan layar komputer atau pekerjaan yang diam di tempat, memang membuatmu jarang bergerak. Oleh karenanya, lakukan peregangan otot di sela aktivitas tersebut untuk menjaga kebugaran tubuh.

Hindari Rokok dan Mengonsumsi Alkohol

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga perlu dihindari demi menjaga tubuh tetap bugar. Tak hanya menurunkan kesehatan, kebiasaan ini juga berisiko menimbulkan berbagai penyakit kronis.

Itulah berbagai kebiasaan yang perlu dihindari supaya Sahabat Sehat ngga merasa  ‘jompo’ saat usia masih berusia 30-an. Jangan sampai terlambat, yuk praktikkan tips di atas mulai dari sekarang.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *