• February 21, 2024

Cara Membuat Bibimbap, Nasi Campur Bergizi ala Korea

Sahabat Sehat ingin buat bibimbap? Bibimbap jadi salah satu makanan khas Korea Selatan yang populer. Perpaduan rasa gurih, manis, dan sedikit pedas membuat nasi campur ala Korea ini jadi favorit banyak orang. Tak hanya itu, cara membuat bibimbap juga mudah dan cepat, loh! 

bibimbap
Foto: Freepik.com

Bahan Membuat Bibimbap

Bahan untuk membuat bibimbap berikut ngga paten, kamu masih bisa mengkreasikan sesuai selera. Bahan tertentu juga masih bisa kamu ganti, misal cuka saus ganti dengan perasan jeruk nipis. Berikut referensi untuk bahan membuat bibimbap.

  • Nasi putih 200 gram 
  • Daging sapi cincang 100 gram
  • Telur ayam 2 butir
  • Bayam 50 gram
  • Wortel 1 buah potong julienne (tipis dan memanjang)
  • Tauge 30  gram
  • Kecap asin 2 sdt
  • Minyak wijen ½ sdt

Sementara itu, untuk bahan saus bibimbpap yaitu, saus gochujang 1 sdm, cuka 2 sdt, kecap asin 4 sdt, dan biji wijen secukupnya untuk taburan. Jika suka rasa yang lebih kuat, kamu bisa menambahkan saus gochujang sesuai selera.

Cara Membuat Bibimbap

Langkah pertama, lakukan marinasi daging sapi dengan kecap asin sekitar 30 menit. Sambil menunggu marinasi daring, campurkan semua bahan saus pada wadah terpisah, sisihkan. Tumis daging yang telah dimarinasi hingga matang kecoklatan, sisihkan. Lanjutkan dengan menumis wortel hingga matang dan bayam hingga layu. Gunakanlah wajan yang sebelumnya digunakan untuk menumis daging agar rasanya semakin lezat. 

menggoreng telur
Foto: Freepik.com

Jika sayuran sudah siap, ceplok telur ayam dengan sedikit minyak. Campurkan semua bahan, nasi, tumis daging sapi, sayuran tumis wortel dan bayam, telur ceplok, serta campuran saus gochujangBeri taburan wijen, bibimbap siap kamu santap. 

Gizi Pada Bibimbap

Bibimbap termasuk contoh menu dengan bahan makan sehat kaya gizi. Ada sumber karbohidrat berupa nasi, sumber protein dan lemak dari daging, telur dan wijen. Ada pula sumber serat, vitamin, dan mineral dari sayur wortel dan bayam. 

Fatsecret melansir kandungan gizi dalam 1 porsi bibimbap mengandung kalori 586 Kkal yang bermanfaat sebagai sumber energi. Protein 22 gram, jumlah tersebut tinggi karena ada 2 sumber protein tinggi dalam bibimbap, yaitu telur dan daging sapi. 

Protein bermanfaat untuk membentuk otot dan menjaga imun tubuh. Sementara itu, kandungan emak 14 gram, karbohidrat 89,7 gram, serat sekitar 2,7 gram. Kadar sodium bibimbap cukup tinggi, sekitar 433 gram sehingga perlu waspada bagi kamu yang punya tekanan darah tinggi. 

Jadi, bukan hanya cara membuat bibimbap yang mudah, tapi bibimbap juga kaya gizi, sangat cocok jadi menu rumahan sehari-hari. Agar bervariasi, kamu juga bisa mengkreasikan dengan bahan lain, misal daging ayam, sayuran bibimbap ganti dengan jamur enoki dan timun, tambah nori, dan lain sebagainya. 

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Putri Yulianingtyas

Lulusan Diploma Tiga Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *