• February 21, 2024

Bukan Kecapekan, Ini Penyebab Tipes yang Perlu Kamu Ketahui

Makanan pun juga bisa menjadi penyebab tipes. Berikut beberapa makanan yang perlu kamu hindari agar tak terjangkit demam tifoid atau tipes:

1. Daging Mentah

Daging mentah mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan seseorang terinfeksi tipes. Selain itu, daging yang masih mentah sudah terkontaminasi bakteri E. coli dan yersinia, yang bisa menyebabkan keracunan dan diare. Sebaiknya masaklah daging hingga matang, dan pilih daging yang masih segar sebelum dikonsumsi.

2. Air Mentah

Air mentah mengandung banyak bakteri yang bisa menyebabkan kamu terkena tipes. Pastikan mengonsumsi air yang matang dan sudah diproses, serta terjaga kebersihannya. Hindari juga menggunakan es batu yang tidak higienis, karena menyebabkan tipes.

3. Produk Olahan Susu Mentah

Produk olahan susu sapi mengandung lemak tinggi dan asam yang tinggi. Bagi seseorang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa, bisa mengalami keracunan, gangguan pada sistem pencernaan hingga penyakit tipes. Produk ini juga sangat mudah terkontaminasi bakteri Salmonella thyphi, jika susu yang digunakan masih mentah.

4. Sayur dan Buah

Pastikan mencuci sayur dan buah terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Sayur dan buah yang tidak dicuci bersih sudah terkontaminasi oleh residu pestisida, bakteri salmonella, Listeria campylobacter, dan E. coli. Tentu saja mengonsumsi sayur dan buah yang sudah terkontaminasi bakteri, akan menyebabkan seseorang terkena tipes.

5. Makanan Pedas

Jika kamu sangat menyukai makanan pedas, perlu diketahui bahwa makanan pedas akan membuat sistem imunitas tubuh menjadi lemah. Bahkan makanan pedas bisa menyebabkan gangguan motilitas lambung. Makanan penyebab perut kembung ini akan membuat kondisi tipes menjadi semakin parah, disertai dengan diare yang tak kunjung sembuh.

6. Tepung Mentah

Saat menggunakan tepung untuk membuat olahan makanan, sebaiknya jangan mencicipi adonan tepung tersebut sebelum dimasak dengan matang. Tepung mentah mengandung bakteri salmonella yang bisa menyebabkan penyakit tipes. Pastikan mengolah makanan berbahan dasar tepung hingga matang, untuk menghindari keracunan makanan.

7. Makanan Laut

Makanan penyebab tipes yang terakhir adalah makanan laut. Bagi sebagian orang, makanan laut juga bisa mengakibatkan alergi dan keracunan. Apalagi jika mengonsumsi makanan laut yang masih mentah atau setengah matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *