• February 21, 2024

Bukan Cacar, Ini 7 Penyebab Muncul Bintik Merah di Badan

Sifilis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Treponema pallidum melalui aktivitas seksual, baik itu seks oral atau anal maupun cairan tubuh orang terinfeksi. Gejala yang muncul adalah bintik berwarna merah menjadi luka kecil, tapi tidak terasa nyeri. Ini akan muncul pada alat kelamin atau sekitar mulut dan akan sembuh dalam enam minggu tanpa perawatan dan meninggalkan bekas luka.

Namun, bisa juga berkembang pada telapak tangan atau kaki. Karena gejalanya hampir menyerupai penyakit lain, sifilis akan membuat penderita memiliki:

  • kutil di sekitar selangkangan
  • bercak putih di dalam mulut
  • pembengkakan kelenjar getah bening
  • demam
  • penurunan berat badan

Jika pengobatan terlambat, hal ini bisa berlanjut pada komplikasi, seperti kelumpuhan, kebutaan, demensia, tuli, impotensi, dan bahkan kematian.

5. Dermatitis

Dermatitis adalah istilah umum untuk menggambarkan peradangan pada kulit. Meski ada banyak jenis dermatitis, ada dua tipe yang menunjukkan gejala berupa bintik merah pada kulit, yaitu dermatitis atopik (eksim) dan dermatitis kontak.

Penyebab eksim adalah adanya masalah pada gen sehingga tubuh terlalu reaktif terhadap kondisi lingkungan, pemicu alergi, dan pemicu iritasi. Kondisi ini bisa muncul dalam jangka waktu panjang dan tidak bisa disembuhkan. Sementara itu, dermatitis kontak muncul akibat adanya kandungan iritan atau alergen yang menyentuh kulit langsung.

Dermatitis kontak bisa pulih dengan menggunakan obat steroid berdasarkan pantauan dokter.

6.Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan dan infeksi pada folikel rambut. Gejala penyakit ini adalah adanya benjolan seperti jerawat dan bintik merah pada kulit. Kondisi ini biasanya muncul akibat mencukur, berendam di air panas, dan berkeringat berlebih. Bintik merah pada kulit akibat folikulitis biasanya timbul di bagian wajah, lengan, punggung, dan tungkai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *