• February 21, 2024

Berbagai Jenis Penanganan dan Pengobatan Kanker Paru-Paru

Kanker paru adalah salah satu penyakit yang serius dan mematikan yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Untuk mengatasi kanker paru-paru, dibutuhkan pengobatan yang tepat dan intensif. Apa saja jenis pengobatan kanker paru-paru yang ada? Dan apakah perubahan tersebut bisa menyembuhkan kanker paru? Simak ulasannya berikut ini!

Jenis Pengobatan Kanker Paru

Banyak pengobatan digunakan untuk kanker paru-paru. Masing-masing memiliki manfaat dan potensi risiko tersendiri. Berikut adalah opsi penanganan kanker paru yang paling umum:

Pembedahan

Pembedahan merupakan pilihan yang umum untuk kanker paru pada tahap awal, terutama jika tumor terlokalisasi dan dapat diangkat sepenuhnya. Jenis pembedahan tergantung pada ukuran dan lokasi tumor di paru-paru, luasnya kanker, kesehatan si penderita kanker dan faktor lainnya.

Contoh jenis operasi atau pembedahan kanker paru meliputi:

  • Reseksi segmental: Pengangkatan hanya sebagian kecil paru-paru
  • Lobektomi: Pengangkatan seluruh lobus paru-paru
  • Pneumonektomi: Pengangkatan seluruh paru-paru

American Cancer Society menyebutkan masa pemulihan pasca operasi kanker paru bisa menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan.

Radioterapi

Pengobatan lewat metode radioterapi menggunakan sinar radiasi untuk menghancurkan sel-sel kanker. Cara ini bisa menjadi pilihan utama jika operasi tidak mungkin dilakukan atau sebagai tambahan setelah operasi untuk menghancurkan sisa-sisa sel kanker yang mungkin masih ada.

Radioterapi dapat dilakukan secara eksternal dari luar tubuh atau internal dengan menempatkan sumber radiasi di dalam tubuh (brachytherapy) tergantung pada kondisi pasien.

Kemoterapi

Jika pembedahan dan radioterapi hanya difokuskan pada satu area tubuh, maka kemoterapi menyebar ke seluruh tubuh untuk mencari sel tumor. Kemoterapi dilakukan lewat infus untuk mengganggu kemampuan sel kanker untuk tumbuh atau bereproduksi.

Selain itu, kemoterapi dapat diberikan secara tunggal atau dalam kombinasi dengan obat-obatan lain, tergantung pada jenis kanker dan stadiumnya. Efek samping yang paling mudah terlihat dari kemoterapi adalah kerontokan rambut.

Terapi Target

Terapi target melibatkan penggunaan obat-obatan yang dirancang untuk menargetkan mutasi genetik khusus yang ditemukan pada jenis kanker paru tertentu. Pemberian obat berguna untuk menghambat pertumbuhan dan replikasi sel-sel kanker tanpa membahayakan sel-sel normal. Sejauh ini, obat-obatan yang digunakan dalam terapi target hanya berguna untuk jenis non-small cell lung cancer (NSCLC).

Imunoterapi

Pengobatan dengan cara imunoterapi menggunakan obat-obatan yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel-sel kanker. Metode tersebut telah menjadi terobosan penting dalam pengobatan kanker paru. Imunoterapi dapat digunakan sebagai pengobatan tunggal atau dalam kombinasi dengan kemoterapi atau terapi target, tergantung pada jenis kanker dan respons individu terhadap pengobatan.

Setiap metode pengobatan di atas memiliki efek samping yang berbeda-beda terhadap individu penderita kanker paru. Umumnya dokter akan memberikan rekomendasi jenis pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan serta menginformasikan efek samping yang sekiranya akan terjadi pasca pengobatan.

Pasien tidak bisa memilih jenis treatment apa yang akan dilakukan. Hanya dokter yang dapat mengevaluasi secara menyeluruh dan membuat keputusan terbaik tentang pengobatan kanker paru.

Jadi, Apakah Kanker Paru Bisa Sembuh Total?

Tingkat kelangsungan hidup untuk kanker paru-paru sangat bergantung pada jenis kanker dan seberapa jauh perkembangannya. Kanker paru-paru bisa disembuhkan jika terdeteksi pada stadium awal. Akan tetapi, proses penyembuhannya tergolong cukup rumit jika sudah terlanjur menyebar ke jaringan yang lebih jauh.

Penting untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan menghindari merokok dan mengurangi paparan terhadap faktor risiko lainnya seperti polusi udara dan asap rokok. Deteksi dini pun menjadi sangat penting dalam mengatasi kanker paru. Semakin dini kanker paru terdeteksi, semakin besar peluang kesembuhan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika kamu sering terpapar asap rokok atau zat kimia, maka tak ada salahnya melakukan skrining kanker paru sedari ini. Bumame menyediakan skrining kanker paru menggunakan teknologi LUNGClearâ„¢. Deteksi dini akan membantu tingkat keberhasilan pengobatan kanker paru-paru lebih besar. Kamu dapat menikmati fasilitas konsultasi gratis bersama dokter sebelum pemeriksaan di Bumame, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *