• February 22, 2024

Apa itu Gochujang? Mengenal Pasta Cabai Khas Korea

Apa itu saus gochujang? Mungkin kamu yang suka makanan Korea sudah tak asing lagi dengan saus ini. Banyak makanan khas Korea yang menggunakan saus ini sebagai bumbu dasar. Bukan sekadar saus yang menambah cita rasa, tetapi juga memberikan manfaat untuk kesehatan. 

Catatan sejarah tidak menunjukkan data valid kapan gochujang pertama kali dibuat dan digunakan, tetapi salah satu artikel dalam Journal of Ethnic Foods melansir bahwa gochujang muncul dan mulai banyak digunakan untuk pengolahan makanan sekitar abad ke 16—17. 

saus gochujang
Foto: Pixabay.com

Apa itu Saus Gochujang?

Gochujang adalah salah satu saus etnik Korea yang terbuat dari fermentasi beberapa bahan, seperti meju atau balok kacang kedelai yang matang, bubuk cabai merah asli Korea, garam, dan tepung beras ketan. Perpaduan bahan ini menghasilkan perpaduan rasa yang pedas, manis, asam, dan gurih. 

Namun, seiring berjalannya waktu, pembuatan gochujang mengalami sedikit perubahan. Masih mmenggunakan bahan yang sama, tapi ada beberapa variasi, komposisinya bisa ganti dan tambah dengan bahan berikut. 

Misalnya, mengganti tepung beras ketan dengan baekseolgi atau kue beras khas Korea sebagai sumber pati. Bisa juga dengan menambah penggunaan daging atau bawang putih untuk difermentasi sekaligus dengan gochujang, maupun menambahkan abalon dan udang untuk menambah cita rasa. 

Saus Gochujang untuk Masakan Apa Saja?

Salah satu makanan ikonik Korea yang menggunakan saus gochujang, yaitu bibimbap yang berisi campuran nasi, sayur bayam, tauge, lauk daging sapi dan telur, serta tambah campuran kecap asin, cuka, dan saus gochujang.

gochujang
Foto: Freepik.com

Selain itu, camilan tteokbokki dari tepung beras juga biasanya diolah dan disajikan dengan saus gochujang yang pedas. Ada pula kimchi yang biasanya difermentasi dengan beberapa bumbu, termasuk pasta gochujang. Beberapa makanan lain yang menggunakan saus ini, seperti yangnyeom chicken semacam ayam goreng bumbu saus pedas, dakdoritang semacam sup ayam dengan saus merah yang pedas, maeun dakbal semacam ceker ayam pedas, dan nakji bokkeum atau sajian nasi dengan gurita kecil yang ditumis menggunakan bumbu gochujang.

Manfaat Saus Gochujang untuk Kesehatan

Faktanya gochujang punya manfaat untuk kesehatan pencernaan. Penelitian tahun 2021 dalam Jurnal Foods yang melibatkan hewan coba menunjukkan bahwa, gochujang mampu meningkatkan bakteri Akkermansia muciniphila yang baik untuk kesehatan usus, bahkan meredakan kolitis atau radang usus. 

Sahabat Sehat sudah tahu lebih dalam mengenai saus gochujang, seperti bahan pembuatan dan manfaatnya untuk kesehatan. Kamu bisa berkreasi dalam memasak menggunakan saus ala Korea ini untuk menambah variasi menu sehari-hari supaya tidak bosan. 

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Kim, S. H., Chung, K. R., Yang, H. J., & Kwon, D. Y. (2016). Sunchang gochujang (Korean red chili paste): the unfolding of authenticity. Journal of Ethnic Foods, 3(3), 201-208. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352618116300865. Diakses 2023. 

Kwon, D. Y., Chung, K. R., Yang, H. J., & Jang, D. J. (2015). Gochujang (Korean red pepper paste): a Korean ethnic sauce, its role and history. Journal of Ethnic Foods, 2(1), 29-35. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352618115000074. Diakses 25 Juni 2023.

Mahoro, P., Moon, H. J., Yang, H. J., Kim, K. A., & Cha, Y. S. (2021). Protective effect of gochujang on inflammation in a DSS-induced colitis rat model. Foods, 10(5), 1072. https://www.mdpi.com/1106488. Diakses 25 Juni 2023.

Zhang, T., Li, Q., Cheng, L., Buch, H., & Zhang, F. (2019). Akkermansia muciniphila is a promising probiotic. Microbial biotechnology, 12(6), 1109-1125. https://sfamjournals.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/1751-7915.13410. Diakaes 25 Juni 2023

About the Author

Putri Yulianingtyas

Lulusan Diploma Tiga Gizi, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *