• February 21, 2024

ADHD Ramai Dibicarakan Anak Muda Zaman Sekarang, Ini Tanda-Tanda Umumnya yang Bisa Diketahui

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini, isu seputar permasalahan kesehatan mental ramai diperbincangkan oleh banyak orang, khususnya anak muda. Adapun salah satunya adalah Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Kondisi ini merupakan gangguan saraf yang kerap terjadi pada anak kecil dan bisa berlanjut hingga tumbuh dewasa. Untuk penyebab pastinya sendiri masih belum diketahui hingga saat ini.

Topik seputar ADHD memang lagi naik-naiknya di media sosial. Sayangnya, karena hal tersebut, ada banyak orang yang melakukan self diagnosis atau mendiagnosis secara pribadi tanpa ada campur tangan dari dokter ahli. Tentu, hal seperti ini nggak boleh dilakukan karena dapat membahayakan kesehatan.

Seseorang yang terkena ADHD sebenarnya harus mendapatkan penanganan yang tepat sesegera mungkin agar nggak mencelakai diri mereka sendiri. Tapi, bagaimana sih cara membedakan orang normal dan penderita ADHD? Begini tanda-tanda umum yang bisa kamu amati. 

Sulit Fokus

Penderita ADHD biasanya mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian atau berkonsentrasi terhadap suatu hal. Nggak jarang, mereka lebih sering melamun namun nggak sadar meski sudah dipanggil dan bisa tiba-tiba lupa dengan barang yang ingin dicari atau aktivitas yang akan dilakukan. Itulah mengapa, kebanyakan penderita ADHD sering nggak bisa fokus pada saat proses pembelajaran atau bekerja, sering melewatkan detail penting, hingga nggak menyelesaikan apa yang sedang dikerjakan. 

Hiperaktif

Orang-orang yang memiliki ADHD juga terbilang sangat hiperaktif. Ini bisa terjadi karena mereka sangat mudah merasa gelisah dan bosan terhadap sesuatu. Bahkan, sifat hiperaktif yang dimiliki oleh penderita ADHD ini bisa lebih parah ketimbang orang normal pada umumnya. Mereka nggak bisa duduk tenang, apalagi diam untuk sesaat saja. 

Impulsif

Selain sulit untuk fokus dan hiperaktif, penderita ADHD ternyata memiliki sifat impulsif dalam tindakan mereka. Orang-orang ini biasanya akan langsung bertindak tanpa berpikir dulu mengenai konsekuensi dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga sering melakukan sesuatu tanpa meminta izin dulu kepada orang lain. Inilah mengapa para penderita ADHD sering menyela, mendorong, dan sulit untuk diminta untuk menunggu. 

Kurang Hati-Hati

Gejala lainnya yang bisa diketahui dari penderita ADHD adalah kurangnya kehati-hatian. Yup, mereka yang memiliki gangguan ADHD sebenarnya nggak peduli apakah tindakan yang dilakukan akan membawakan bahaya atau nggak. Orang-orang seperti ini juga cenderung sembrono dan melakukan apa yang disukai saja. Untuk itulah, pengawasan dari orang lain sangat diperlukan agar para penderita ADHD ini bisa tetap aman dan terhindar dari berbagai mara bahaya.

Itulah beberapa ciri dari penderita ADHD yang bisa kamu ketahui. Perlu diketahui bahwa informasi di atas merupakan tanda-tanda secara umum dari orang-orang yang memiliki gejala ADHD. Untuk itulah, jika kamu merasa memiliki tanda-tanda tersebut, jangan langsung melakukan self diagnosis dulu. Sebaiknya, lakukan konsultasi ke psikolog terdekat agar kamu bisa mendapatkan diagnosis yang lebih tepat dan rinci. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *