• February 21, 2024

9 Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol Naik yang Harus Dihindari

1. Daging

Makanan penyebab asam urat dan kolesterol naik yang pertama adalah daging merah, seperti daging sapi dan kambing, serta daging putih seperti daging bebek atau burung puyuh. Apalagi jika daging tersebut diolah menjadi makanan seperti sosis, nugget dan kornet. Karena daging yang diolah ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, yang menyebabkan asam urat dan kadar kolesterol jahat menumpuk.

2. Makanan Laut

Makanan laut atau seafood seperti lobster, ikan sarden, kerang dan kepiting serta udang, harus dihindari kalau kamu memiliki asam urat dan kolesterol yang tinggi. Makanan laut memiliki kandungan yang tinggi protein dan lemak jenuh, yang bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol. Kalau kamu ingin mengonsumsi makanan laut, konsumsilah ikan salmon atau ikan tuna yang aman untuk penderita asam urat dan kolesterol.

3. Makanan yang Mengandung Gula Tambahan

Agar terhindar dari penyakit asam urat dan kolesterol, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gula tambahan. Karena kandungan gula yang tinggi dalam suatu makanan, bisa menyebabkan kadar insulin, asam urat dan kolesterol meningkat. Selain makanan manis, kamu juga bisa menghindari minuman manis dengan gula tambahan seperti alkohol dan soda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *