• February 21, 2024

7 Pantangan Makanan untuk Pemilik Kolesterol Tinggi

1. Makanan Olahan Tinggi Gula

Makanan olahan tinggi gula seperti minuman bersoda, permen, dan makanan manis olahan, dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan peningkatan kadar kolesterol jahat. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan risiko penyakit jantung. Ganti makanan olahan tinggi gula dengan sumber karbohidrat kompleks yang lebih sehat.

2. Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana seperti roti putih dan nasi berbutir halus memiliki indeks glikemik tinggi, yang dapat mempengaruhi kadar gula darah dan kolesterol. Lebih baik memilih karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, seperti gandum utuh, oat, dan kacang-kacangan. Sehingga kadar kolesterolnya lebih rendah dan baik untuk kesehatan jantung.

3. Daging Merah Berlemak dan Produk Olahan Daging

Daging merah berlemak seperti daging sapi dan daging babi dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. Produk olahan daging seperti sosis, daging asap, dan ham juga sering kali mengandung lemak jenuh dan natrium berlebih. Mengurangi konsumsi daging merah dan produk olahan daging serta memilih sumber protein lain, seperti ikan dan kacang-kacangan, dapat membantu mengontrol kadar kolesterol.

4. Telur

Telur mengandung kolesterol tinggi dalam kuning telurnya. Ada baiknya untuk mengurangi mengonsumsi kuning telur. Gantilah dengan protein nabati yang lebih baik untuk kesehatan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *