• February 21, 2024

3 Pilihan Makanan Ini Bantu Cegah Efek Polusi Udara

Halo Sahabat Sehat, polusi udara khususnya untuk kamu yang tinggal di kota besar nampaknya sulit untuk dihindari. Baik ketika melakukan aktivitas outdoor maupun indoor, risiko terpapar polusi pasti ada.

Sebagai masyarakat, langkah yang dapat kita lakukan adalah memulai dari diri sendiri. Selain menggunakan masker dan menjaga kebersihan, setidaknya kamu dapat juga memproteksi diri kamu dari dalam, yaitu dengan menjaga imunitas tubuh kamu. Imunitas erat sekali kaitannya dengan makanan. Oleh karena itu, kamu harus pandai memilih makanan yang dapat memperkuat imun kamu. Nah, kombinasi sumber gizi di bawah ini bakal ngebantu kamu agar imun kamu semakin oke.

Sumber Omega-3

Omega-3 dipercaya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung akibat paparan polusi udara. Suatu studi yang dilakukan di Mexico terhadap kelompok lanjut usia menyatakan bahwa pemberian suplementasi minyak ikan 2 gram per hari terbukti melindungi efek buruk terhadap jantung yang disebabkan oleh paparan akut polusi udara. Sebab asam lemak Omega-3 ini memiliki sifat anti-inflamasi.

sumber omega-3
Foto: Freepik.com

Nah, selain dari suplemen, kamu bisa mendapatkannya secara alami dari minyak zaitun, ikan kembung, tongkol, teri, tenggiri, dan masih banyak lagi. Jika kamu makan 1 ekor ikan kembung dengan berat 100 gram saja, maka sudah cukup memenuhi kebutuhan omega-3 kamu, loh.

Sumber Vitamin B dan Protein

Vitamin B berfungsi untuk memecah homosistein dalam tubuh. Ketidakhadiran vitamin B dapat menghambat pemecahan homosistein sehingga kadar homosistein tinggi dalam tubuh. Asap rokok dan polusi udara berhubungan dengan peningkatan homosistein. Homosistein merupakan asam amino yang harus didapatkan dari makanan tinggi protein seperti ikan, susu, daging. Oleh karena itu, di samping mengkonsumsi protein, kamu juga harus menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang memiliki kadar vitamin B tinggi seperti alpukat, bayam wortel, dan lainnya.

Sumber Vitamin C dan E

Vitamin C dan E bekerja sama menjadi antioksidan bagi tubuh. Dalam suatu studi menyatakan bahwa para perokok memiliki kebutuhan vitamin C yang lebih banyak dibanding orang normal. Begitu juga studi yang dilakukan pada kelompok pekerja yang terpapar emisi pembangkit listrik batu bara. Mereka membutuhkan suplemen vitamin C dan E dengan dosis yang lebih untuk meningkatkan kapasitas antioksidan dalam tubuhnya. Oleh karena paparan polusi udara mirip efeknya dengan paparan asap rokok dan semisalnya, maka ketika terpapar polusi udara, tubuh kamu juga membutuhkan kadar vitamin C dan E yang lebih banyak. 

sumber vitamin c
Foto: Freepik.com

Vitamin C dapat kamu konsumsi dari buah tomat, jeruk, stroberi, jambu biji, dan sayuran seperti brokoli, paprika, bayam. Lalu kamu dapat mengonsumsi vitamin E dari kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, alpukat, bayam, dan lain-lain.

Nah, itu dia kombinasi zat gizi yang dapat kamu terapkan di pola makan kamu. Jangan lupa untuk tetap mengutamakan pedoman gizi seimbang dan konsultasikan kebutuhan pribadi kamu dengan ahlinya, ya. Semoga bermanfaat!

Referensi

Péter, S., Holguin, F., Wood, L., Clougherty, J., Raederstorff, D., Antal, M., Weber, P., et al. (2015). Nutritional Solutions to Reduce Risks of Negative Health Impacts of Air Pollution. Nutrients7(12), 10398–10416. MDPI AG. Retrieved from http://dx.doi.org/10.3390/nu7125539

Julia, B. (2017) Nutritional solutions to counteract the negative impact of Air Pollution, Nutritional solutions to counteract the negative impact of air pollution. Available at: https://www.nutri-facts.org/en_US/news/articles/Nutritional-solutions-to-counteract-the-negative-impact-of-air-pollution.html (Accessed: 28 August 2023).

Kementerian Kesehatan RI (2023) Manfaat Omega – 3 Untuk Kesehatan Jantung. Available at: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2012/manfaat-omega-3-untuk-kesehatan-jantung

RSUDNAS. Kandungan Zat Gizi untuk Kecerdasan dalam Ikan. Available at: https://rsnas.kulonprogokab.go.id/detil/232/kandungan-zat-gizi-untuk-kecerdasan-dalam-ikan

Kementerian Kesehatan RI (2023) Vitamin C,D, E, dan Zinc; Mikronutrisi untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Available at: https://www.balaibaturaja.litbang.kemkes.go.id/read-vitamin-cd-e-dan-zinc-mikronutrisi-untuk-meningkatkan-kekebalan-tubuh

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Anida Rahayu Adawiyah

Studying in Public Health Nutrition, University of Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *